Kebakaran di Tallo Makassar Hanguskan 19 Rumah, Diduga Korsleting Listrik

Kebakaran di Tallo Makassar Hanguskan 19 Rumah, Diduga Korsleting Listrik

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 20:09 WIB
Kebakaran di Jalan Naja Dg Nai, Makassar.
Foto: Kebakaran di Jalan Naja Dg Nai, Makassar. (Isak Pasa'buan/detikSulsel)
Makassar -

Kebakaran permukiman warga di Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) menghanguskan 19 rumah warga. Penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik.

"Data sementara kami dapati itu ada 19 atap (rumah). Jadi atap yang kita sampaikan karena ini sesuai dengan (laporan) anggota yang ada di Damkar," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar Hasanuddin saat ditemui di lokasi, Senin (26/9/2022).

Hasanuddin menyampaikan, informasi kebakaran di Jalan Naja Dg Nai, Lorong 5 itu diterima damkar pada pukul 18.08 Wita. Petugas kemudian langsung meluncur ke lokasi untuk menjinakkan api.


"Meluncurkan dua regu. Armada yang ada di mako itu 21 armada, tambahan 3 dari Ujung Tanah, ditambah 3 dari timur, jadi total keseluruhan ada 27 armada," ungkap pria yang akrab disapa Mancu itu.

Proses pemadaman berlangsung sekitar 2 jam. Petugas baru bisa menguasai api sekitar pukul 20.23 Wita. Saat ini, petugas masih berada di lokasi untuk melakukan pendinginan.

"Setelah proses penangan sekarang ini pukul 20.23 Wita masih dalam proses pendinginan. Sampai saat ini diperkirakan 30 menit lagi proses pendinginan," ujarnya.

Mancu mengaku mendapatkan sejumlah kendala saat melakukan pemadaman di lokasi kebakaran tersebut. Salah satunya karena akses jalan yang sempit sehingga sulit dijangkau petugas.

"Kendala kita lumayan padat. Begitu kita tiba di lokasi begitulah penonton banyak sekali. Termasuk akses setelah kita ke lokasi bagian utara timur selatan itu kita blok. Jadi akses kita dapat itu kecil yang langsung ke lokasi kebakaran," terangnya.

Berdasarkan hasil investigasi awal, Mancu mengatakan kebakaran ini terjadi akibat korsleting listrik. Lokasi kebakaran yang padat bangunan rumah semi permanen membuat api cepat menyebar.

"Informasi yang kita dapati setelah kita investasi di lokasi itu (korsleting listrik). Tapi ini masih dugaan karena korsleting listirik," imbuhnya.

Sementara terkait korban, Mancu mengatakan sejauh ini belum ada laporan.

"Sampai saat ini belum kita dapati itu, saya kira tidak ada korban," pungkasnya.



Simak Video "Kebakaran di Makassar Lahap 9 Rumah dan Kantor Lurah!"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)