Pemprov Sultra Ambil Alih Situsnya yang Diretas, Anggap Bjorka Bukan Musuh

Sulawesi Tenggara

Pemprov Sultra Ambil Alih Situsnya yang Diretas, Anggap Bjorka Bukan Musuh

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 16:10 WIB
Bjorka
Foto Bjorka: dok ist
Kendari -

Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengambil alih dan memulihkan situs resminya yang sempat diretas oleh hacker Bjorka. Pemprov Sultra mengklaim tidak ada data mereka yang dijebol dan menganggap hacker Bjorka bukan musuh.

"Alhamdulillah sudah selesai dan sudah kita ambil kembali tanpa ada kerugian dan (tidak ada) data kita yang terjebol, aman," ujar Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badalah saat dihubungi detikcom, Senin (26/9/2022).

Ridwan mengatakan pihaknya dapat mencegah kebocoran data karena tim cyber langsung mematikan server dan melakukan mitigasi. Dari hasil mitigasi yang dilakukan, tidak ada kebocoran data.


"Langkah-langkah kami jam 11 malam kita matikan server, kita down dulu. Setelah kita down kita reset kembali, setelah kita reset kita mitigasi," tutur Ridwan.

"Hasil mitigasi kita, Bjorka itu hanya masuk ke aplikasi kita, sekitaran permukaan," imbuhnya.

Menurut Ridwan, hacker Bjorka hanya ingin eksis tanpa niat untuk membobol data situs resmi Pemprov Sultra. Dia menyebut hacker Bjorka bukan musuh.

"Teman-teman hacker hanya ingin memperkenalkan diri bahwa kami ada, bukan musuh kami, mereka tidak mengutak-atik kami. Kemudian setelah itu kami pemulihan dari jam 2 malam sampai jam 9 pagi," katanya.

Bjorka Sindir Puan Maharani

Dilihat detikcom pada tangkapan layar halaman situs Pemprov Sultra yang diretas, Bjorka awalnya menyindir Ketua DPR Puan Maharani dulu menangis saat harga BBM naik.

Bjorka awalnya menyinggung sejumlah kasus-kasus yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kasus Ferdy Sambo yang menembak mati ajudannya Brigadir Yosua.

"Seperti kasus Ferdy Sambo, KM 50, 23 koruptor yang bebas secara gampang dan ditambah lagi dengan Kenaikan BBM yang merugikan rakyat kecil," ujar kritikan Bjorka.

Selanjutnya barulah Bjorka menyinggung sikap Puan soal kenaikan harga BBM saat ini. Bjorka membandingkannya dengan sikap Puan dahulu.

"Dulu ibu Puan Maharani menangis Karena Kenaikan harga BMM, sekarang dia bahagia di dalam ruangan tanpa melihat mahasiswa yang kepanasan di luar untuk menyerukan aksi demo #tolak_harga_BBM," ujarnya.



Simak Video "BSSN Pastikan Data yang Dibocorkan Hacker Bjorka Bukan Milik Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)