Kalimantan Timur

2 Pelajar di Kaltim Tewas Tenggelam saat Kerjakan Tugas Bikin Film di Waduk

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 15:18 WIB
Evakuasi pelajar tewas teggelam saat kerjakan tugas di waduk.
Foto: Dokumen Istimewa.
Penajam Paser Utara -

Dua pelajar di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) ditemukan tewas tenggelam di waduk. Keduanya tenggelam saat mengerjakan tugas membuat film di waduk.

"Korban ditemukan meninggal dunia," ujar Kasat Reskrim Polres PPU Iptu Dian Kusnawan kepada detikcom, Senin (26/9/2022).

Dian mengatakan kedua korban berinisial HI (18) dan FF (16). Kedua korban awalnya menyeberangi Waduk Waru menggunakan perahu di Desa Sesulu, Kecamatan Waru, PPU pada Minggu (25/9) pukul 12.30 Wita.


"Sat itu perahu yang ditumpanginya terbalik dan keduanya tidak bisa berenang," ujar Dian.

Menurut Dian, jumlah pelajar yang berada di atas perahu adalah lima orang. Namun kedua korban mencoba membawa perahu lebih awal hingga terbalik.

"Mereka waktu ke lokasi itu sebenarnya berlima. Cuma karena masih menunggu waktu proses pengambilan video yang tiga orang ini naik perahu sendiri maksudnya mencoba perahu itu. Tau-taunya perahu itu terbalik dan tenggelam. Sebenarnya waktu kejadian itu belum waktunya pengambilan video," ungkapnya.

Usai perahu mereka tenggelam, satu pelajar lainnya yakni MU berhasil selamat kemudian memintai bantuan kepada warga sekitar. Namun karena jarak waduk yang begitu jauh dari rumah warga, HI dan FF tak dapat tertolong dan kedua jasad korban baru bisa ditemukan setelah 2 jam proses evakuasi.

"Iya setelah mendapatkan laporan tim gabungan dari Polres dan bersama warga melakukan pencarian di lokasi, dan pada jam 02.00 Wita kedua korban berhasil ditemukan," ujarnya.

Sementara itu, atas peristiwa tersebut polisi rencananya akan memanggil pihak sekolah guna keperluan penyelidikan.

"Iya hari ini kita jadwalkan memanggil pihak sekolah, dan teman-teman korban untuk dimintai keterangan terkait kejadian tersebut," katanya.



Simak Video "KPK Dalami Info Dugaan Bupati Nonaktif PPU Bagi-bagi Kaveling di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)