Kisah Pelajar di Bone Pakai Traktor ke Sekolah Imbas Kenaikan Harga Pertalite

Kisah Pelajar di Bone Pakai Traktor ke Sekolah Imbas Kenaikan Harga Pertalite

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 08:30 WIB
Siswa SMK di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang ke sekolah menggunakan traktor
Para pelajar di Bone menggnakan traktor sebagai kendaraan ke sekolah (Istimewa)
Bone -

Sejumlah pelajar SMK di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) viral di media sosial (medsos) lantaran aksi mereka memakai traktor sebagai kendaraan menuju ke sekolah. Aksi ini dilakukan imbas kenaikan harga pertalite yang jauh lebih mahal dibanding solar.

"Ini terbilang hemat (naik traktor) dibanding naik motor. Apalagi lebih murah solar dibanding pertalite," ungkap Andi Asrul Shandi kepada detikSulsel, Minggu (25/9/2022).

Pelajar SMK 3 Bone tersebut menuturkan dia mengendarai traktor dari rumahnya di Dusun Tompong Patu, Desa Tompong Patu, Kecamatan Kahu menuju sekolahnya yang berada di Kecamatan Libureng, Bone.


"Jaraknya sekitar 10 km," jelasnya.

Meskipun memakai traktor ke sekolah, Andi Asrul mengaku tidak malu. Apalagi dia tidak sendiri, karena beberapa temannya ikut bersamanya.

"Tidak perlu malu. Itu juga diparkir di sekolah. Karena kalau naik traktor cukup 1 liter PP. Pertalite juga selain mahal boros-ki," bebrernya.

Aksi menggunakan traktor ke sekolah tersebut baru pertama kali dilakukan Andi Asrul. Dia menambahkan akan menggunakan traktor tersebut ke sekolah jika tidak digunakan ayahnya.

"Baru juga kemarin kami coba naik traktor. Kalau itu (traktor) tidak dipakai sama bapak pasti saya pakai ke sekolah," ungkapnya.

Menurut Asrul traktor yang digunakan ke sekolah tersebut memuat sekitar 7 orang. Bersama temannya, Asrul berangkat ke sekolah pukul 06.30 Wita. Guru yang melihat mereka hanya tersenyum.

"Berangkat jam 06.30 Wita. Guru juga tidak larang, malah senyum-senyum," jelasnya.

Diketahui, aksi para siswa SMK mengendarai traktor ke sekolah terekam dalam video berdurasi 19 detik. Video tersebut kemudian viral setelah diunggah ke media sosial.

"Lebih memilih naik traktor ke sekolah karena katanya solar agak murah dibanding pertalite," tulis unggahan viral tersebut.



Simak Video "Buruh Akan Kepung Istana Hari Ini, Tuntut Harga BBM dan Kenaikan Upah"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)