Kalimantan Timur

4 Napi Pesta Miras Oplosan di Lapas Samarinda: 3 Tewas dan 1 Lainnya Kritis

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Sabtu, 24 Sep 2022 15:35 WIB
Lapas Kelas IIA Samarinda.
Foto: Lapas Kelas IIA Samarinda. (Muhammad Budi Kurniawan/detikcom)
Samarinda -

Tiga narapidana (napi) di Lapas Kelas IIA Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tewas usai menenggak minuman keras (miras) oplosan di dalam Lapas. Seorang napi lainnya sempat dirawat intensif di rumah sakit karena kritis.

"Iya tiga WBP (warga binaan pemasyarakatan) meninggal di rumah sakit dugaannya mereka tewas usai minum miras oplosan, dan satu WBP lainnya kondisinya sore ini mulai membaik," kata Kalapas Kelas IIA Samarinda Ilham Agung Setyawan kepada detikcom, Sabtu (24/9/2022).

Ketiga napi tewas diketahui berinisial IR, RS, dan RZ, sedangkan napi yang sempat kritis diketahui berinisial KL. Menurut Ilham, kejadian tersebut terjadi pada Kamis malam (22/9).


Ilham mengatakan hanya empat napi itu yang melakukan pesta miras. Sementara para napi lainnya sedang menggelar kegiatan keagamaan berupa yasinan bersama.

"Mereka non muslim, jadi tidak ikut kegiatan (membaca Yasin). Setelah napi lain masuk ke dalam blok hunian, mereka sudah didapati kejang-kejang," terang Ilham.

Keempat napi itu kemudian dilarikan ke rumah sakit berbeda di Samarinda. Namun nahas karena beberapa jam usai mendapatkan perawatan dua napi yakni IR dan RZ meninggal dunia lalu disusul napi RS pada Jumat pagi.

"Yang di RS Dirgahayu meninggal kurang lebih jam 11 malam, selanjutnya jam 11.40 malam dari RS AW Sjahranie mengabarkan satu napi meninggal, dan paginya sekitar 7.30 pagi satu lagi di RS AW Sjahranie meninggal. Jadi total 3 meninggal," bebernya.

Usai peristiwa itu, pihak Lapas kemudian melakukan penggeledahan di blok hunian yang digunakan keempat napi mengadakan pesta miras. Dari situ, petugas menemukan botol yang masih tercium aroma alkohol, serta ditemukan satu bungkus minuman saset.

"Kita temukan botol dan dari botol itu masih ada aroma alkohol dan minuman saset Jasjus. Untuk alkohol ini masih kami dalami dari mana mereka dapat," ungkapnya.

Sementara itu, untuk ketiga jenazah 3 napi saat ini telah dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan. Mereka berasal dari daerah yang berbeda-beda.

"Tiga napi ini, ada yang dari PPU (Penajam Paser Utara), dari Paser, dan dari Kubar, dan jenazah mereka sudah diambil pihak keluarga, sedangkan untuk KL (napi yang selamat) masih di rumah sakit," pungkasnya.



Simak Video "Polisi di Palopo Sita 390 Botol-Kaleng Miras"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hmw)