TNI AL Latih Babinpotmar untuk Diterjunkan Bina Masyarakat Maritim

TNI AL Latih Babinpotmar untuk Diterjunkan Bina Masyarakat Maritim

Tim detikSulsel - detikSulsel
Rabu, 21 Sep 2022 23:39 WIB
Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Suradi A.S saat meninjau Kampung Bahari Nusantara (KBN) untia dan mangrove di PIP Makassar.
Foto: dok.ist
Makassar -

TNI Angkatan Laut (AL) melatih prajurit untuk menjadi Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) secara maraton di Lantamal V Surabaya, Lantamal IX Ambon dan Lantamal VI Makassar. Mereka dipersiapkan untuk membina dan memperkuat masyarakat maritim di wilayah masing-masing.

"Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) sebagai salah satu tugas TNI Angkatan Laut, dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk menyiapkan seluruh potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara bersifat semesta," kata Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Suradi A.S dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Hal itu disampaikan Suradi saat menutup pelatihan Babinpotmar di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI Makassar. Pelatihan tersebut diketahui berlangsung selama tiga bulan mulai Juli hingga September 2022.


Suradi menjelaskan TNI Angkatan Laut menggelar Pelatihan Babinpotmar sebagai upaya untuk mewujudkan insan potmar yang profesional, memiliki kompetensi dan kemampuan binpotmar. Serta membekali kemampuan para Babinpotmar dalam menyelenggarakan kegiatan potmar di wilayahnya masing-masing.

"Pelatihan Bapinpotmar ini merupakan pelaksanaan Perintah Harian dan Prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun SDM TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman," ujarnya.

Suradi berharap agar Babinpotmaral memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip dalam pengelolaan potensi maritim untuk kepentingan pertahanan negara. Bahkan memiliki kemampuan bersosialisasi dan memotivasi masyarakat dalam upaya bela negara.

"Juga memiliki kemampuan berkoordinasi dan bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah setempat dalam pembinaan potensi maritim dengan mengakomodasikan kepentingan pertahanan negara di lingkungan tugasnya dan memiliki kemampuan menyusun, mengumpulkan dan menyajikan data potensi maritim yang diperlukan oleh satuan untuk kepentingan pertahanan negara," katanya.

Sebelum menutup pelatihan Babinpotmar Lantamal VI, Kadispotmaral juga melaksanakan kunjungan kehormatan ke Mako Lantamal VI. Lalu memberi pembekalan kepada peserta Babinpotmar dan meninjau Kampung Bahari Nusantara (KBN) untia dan mangrove di PIP Makassar.

Pada acara penutupan pelatihan Babinpotmar Lantamal VI, Kadispotmaral didampingi Komandan Lantamal VI Makassar Kolonel Marinir Amir Kasman.



Simak Video "Pensiunan TNI Kritik Jokowi yang Tak Pernah Pilih Panglima dari AL"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)