Penjelasan Kremlin Soal Geger Percobaan Pembunuhan Terhadap Putin

Berita Internasional

Penjelasan Kremlin Soal Geger Percobaan Pembunuhan Terhadap Putin

Tim detikNews - detikSulsel
Jumat, 16 Sep 2022 14:02 WIB
Russian President Vladimir Putin delivers a speech at the plenary session of the 2022 Eastern Economic Forum (EEF) in Vladivostok, Russia September 7, 2022. Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Sergey Bobylev/TASS Host Photo Agency/Handout via REUTERS)
Moskow -

Kantor Kepresidenan Rusia atau Kremlin angkat bicara terkait laporan media yang menyebut terjadi percobaan pembunuhan terhadap Presiden Vladimir Putin. Putin disebut selamat meski dilaporkan kendaraan yang membawa Putin dilanda 'letusan keras'.

Seperti dilansir dari detikNews yang mengutip kantor berita Rusia, TASS, Jumat (16/9/2022), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membantah keras laporan soal adanya percobaan pembunuhan Putin tersebut.

Kemudian saat ditanya apakah laporan General SVR itu memiliki dasar faktual atau benar terjadi, Peskov menjawab dengan tegas: "Tidak."


Dugaan 'serangan' terhadap iring-iringan kendaraan yang membawa Putin itu diberitakan sejumlah media asing dengan mengutip informasi dari Telegram General SVR. Putin disebut tidak mengalami cedera apapun dan berhasil dibawa ke lokasi aman dengan segera.

Dalam Laporan General SVR memang tidak menyebut secara jelas kapan tepatnya percobaan pembunuhan itu terjadi. Namun laporan-laporan mengindikasikan insiden itu terjadi pekan ini saat perang Rusia-Ukraina masih berlanjut.

Saluran Telegram General SVR yang anti-Kremlin diketahui menjadi yang pertama kali mempublikasikan laporan soal percobaan pembunuhan tersebut. Informasi detail soal serangan terhadap iring-iringan kendaraan Putin itu seharusnya 'dirahasiakan' menurut General SVR.

Informasi orang dalam Kremlin diketahui kerap diungkap General SVR namun tidak memberikan bukti kuat untuk mendukung tuduhan-tuduhannya. Saluran Telegram General SVR sebelumnya merilis klaim soal Putin jatuh sakit dan para oligarki Rusia yang tewas misterius dalam beberapa bulan terakhir.



Simak Video "Inggris: Putin Sedang Coba 'Bekukan' Ukraina Agar Tunduk!"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)