Tiga Pengawal Kepresidenan Rusia Hilang Usai Putin Lolos Percobaan Pembunuhan

Berita Internasional

Tiga Pengawal Kepresidenan Rusia Hilang Usai Putin Lolos Percobaan Pembunuhan

Tim detikNews - detikSulsel
Jumat, 16 Sep 2022 13:57 WIB
Russian President Vladimir Putin chairs a meeting with members of the Security Council via a video conference call in Moscow, Russia, September 9, 2022. Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS/File Photo
Foto: Sputnik/Gavriil Grigorov/Pool via REUTERS/File Photo
Moskow -

Sebanyak tiga pengawal kepresidenan Rusia dikabarkan hilang setelah Presiden Vladimir Putin berhasil meloloskan diri dari percobaan pembunuhan. Peristiwa tersebut terjadi bersamaan dengan adanya laporan yang menyebut informasi rahasia mengenai pergerakan Putin bocor kepada pihak luar.

"Usai insiden itu, tiga orang di antaranya menghilang. Ini persisnya orang-orang yang ada di dalam mobil pertama iring-iringan," klaim General SVR seperti dilansir dari detikNews yang mengutip dari Mirror.co.uk, Jumat (16/9/2022).

Informasi mengenai percobaan pembunuhan Putin diungkapkan oleh saluran Telegram General SVR yang dikenal anti-Kremlin. General SVR mendekripsikan dalam kejadian yang dianggap sebagai percobaan pembunuhan itu, sejumlah kendaraan pengawal yang mengantar Putin dicegat oleh sebuah ambulans.


Lalu 'letusan keras' tiba-tiba terdengar dari ban depan bagian kiri kendaraan yang ditumpangi Putin. Asap pekat kemudian keluar dari kendaraan itu.

Saluran Telegram General SVR menyebutkan, ambulans tersebut berhasil menghentikan mobil pengawal pertama. Sementara, mobil pengawal kedua terus melaju tanpa berhenti dengan memutari ambulans yang tengah mencegat tersebut.

Sehingga Putin berhasil berhasil dibawa ke lokasi aman di kediamannya. Putin dikabarkan tidak mengalami cedera apapun dari peristiwa itu.

Sementara, General SVR menyebut seharusnya hanya dinas keamanan kepresidenan Rusia yang mengetahui pergerakan Putin. Adapun tiga pengawal kepresidenan yang hilang hingga saat ini belum diketahui keberadaannya. Mobil mereka ditemukan beberapa kilometer dari lokasi insiden dalam keadaan kosong.

"Sekelompok kecil orang mengetahui pergerakan presiden dalam iring-iringan ini, dan mereka semua dari dinas keamanan kepresidenan," sebut General SVR dalam pernyataan via Telegram.

"Nasib mereka tidak diketahui saat ini. Mobil yang mereka tumpangi ditemukan kosong beberapa kilometer dari lokasi insiden," imbuh pernyataan itu.



Simak Video "Inggris: Putin Sedang Coba 'Bekukan' Ukraina Agar Tunduk!"
[Gambas:Video 20detik]
(nui/tau)