Banyak Jalan Rusak di Poros Enrekang-Toraja, BBPJN Minta Maaf Minim Anggaran

Banyak Jalan Rusak di Poros Enrekang-Toraja, BBPJN Minta Maaf Minim Anggaran

Rachmat Ariadi - detikSulsel
Kamis, 15 Sep 2022 17:03 WIB
Jalan Poros Kabupaten Enrekang-Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) rusak parah.
Foto: Rachmat Ariadi/detikSulsel
Enrekang -

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar mengakui masih banyak jalan rusak di Poros Enrekang-Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel). Terkait kerusakan itu, BBPJN meminta maaf tidak bisa maksimal melakukan pembenahan karena minim anggaran.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat Enrekang utamanya pengguna jalan atas ketidaknyamanannya. Kita berusaha maksimal untuk melakukan perbaikan dan pemeliharaan ruas jalan Enrekang," kata Kabid Preservasi II BBPJN Wilayah XIII Makassar, Ali Duhari kepada detikSulsel, Kamis (15/9/2022).

Ali mengatakan BBPJN Makassar tidak bermaksud membiarkan ruas Jalan Poros Enrekang-Toraja rusak parah. Pihaknya selama ini terus melakukan perawatan dan penanganan jangka pendek seperti menambal ruas jalan yang bolong. Hal itu dilakukan karena anggaran untuk perbaikan ruas Jalan Enrekang terbatas.


"Bukan kita biarkan kondisi jalan rusak di Enrekang. Teman-teman sebenarnya sudah bekerja maksimal. Tapi kondisi anggaran kita ini sangat terbatas," katanya.

Ali membeberkan anggaran untuk ruas Jalan Bangkae, Enrekang hingga batas Tana Toraja sepanjang 105,35 Km hanya Rp 8,35 miliar. Jumlah ini dinilai tidak mencukupi hingga akhir tahun nanti.

"Untuk ruas Jalan Bangkae, Enrekang hingga batas Tana Toraja sepanjang 105,35 Km anggarannya itu hanya Rp 8,35 miliar. Nah kami melihat, besar anggaran ini tidak mencukupi untuk 1 tahun," ungkapnya.

Ali menambahkan pihaknya sementara menunggu penambahan anggaran dari pusat untuk menangani jalan rusak di Kabupaten Enrekang. Ia menegaskan bahwa bahwa pihaknya ingin semua jalan di Sulsel bagus.

"Kita pastinya mau melihat Jalan di Sulsel ini semua bagus. Jadi tidak ada dianak tirikan. Kami sudah mengusahakan semaksimal mungkin, kita juga sudah mengusulkan untuk penambahan anggaran yang diperuntukan perbaikan Jalan Poros Enrekang hingga batas Tana Toraja," ucap Ali.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Enrekang, Asman menyoroti kinerja BBPJN Makassar yang dinilainya membiarkan ruas Jalan Poros Enrekang rusak parah. Sehingga membawa citra buruk bagi Enrekang.

"Seolah dibiarkan rusak, perbaikan hanya sekedar ditempel-tempel. Ini sudah lama begini, ini membawa citra buruk untuk Pemda. Padahal status jalan itu nasional, bukan wewenang Pemda Enrekang," ujarnya.

Asman menambahkan buruknya akses Jalan Poros itu mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan ke Enrekang. Ia pun merasa percuma pemda genjot promosi wisata sementara infrastruktur jalan tidak bagus.

"Pasti ada pengaruh pengunjung datang di Enrekang. Percuma kita genjot pariwisata kalau akses nasional ini yang tidak mendukung. Jadi pihak balai ini harus cepat tangani kerusakan Jalan Poros ini," tandas Asman.



Simak Video "Warga Batu Bara Bikin 'Kuburan' Protes Jalan Rusak"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)