Sulawesi Barat

Banjir Bandang Terjang Jembatan di Mamuju Tengah hingga Putus

Hafis Hamdan - detikSulsel
Sabtu, 10 Sep 2022 11:40 WIB
Banjir bandang menyebabkan jembatan penghubung antardusun di mamuju Tengah.
Foto: Dokumen Istimewa.
Mamuju Tengah -

Jembatan penghubung antardusun di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar) terputus akibat diterjang banjir. Akibatnya warga setempat harus menggunakan rakit darurat untuk menyeberangi sungai.

"Sekarang kami sudah upayakan rakit penyeberangan bantuan dari Brimob dan Dinas Sosial (Dinsos)," kata Kepala Desa Karossa Selereksi Gani saat dimintai konfirmasi, Sabtu (10/9/2022).

Gani menerangkan banjir diakibatkan air sungai meluap di Desa Karossa, Kecamatan Karossa pada Selasa (6/9). Jembatan itu merupakan penghubung antardusun Kayu Calla menuju Dusun Karossa.


"Hujan lebat, air sungai naik. Sementara pakai rakit dulu warga menyeberang, kita juga serahkan bantuan dari Dinsos melalui rakit ini dibantu teman-teman Tagana," ujarnya.

Ia mengaku sungai tersebut awalnya merupakan parit yang digali oleh perusahaan kayu beberapa tahun lalu. Akibat galian itu parit semakin membesar dan membentuk sungai.

"Parit dulu itu, digali perusahaan lama-lama membesar sekarang jadi sungai. Kalau hujan lebat pasti naik airnya," katanya.

Saat ini, pihaknya tengah mengajak masyarakat setempat untuk memperbaiki jembatan putus tersebut secara gotong royong. Pasalnya 64 KK di Dusun Kayu Calla sempat terisolir karena banjir yang mengakibatkan putusnya jembatan.

"Jembatan yang putus sementara kami dan warga lagi berusaha untuk benahi melalui swadaya masyarakat," jelasnya.

Banjir bandang menyebabkan jembatan penghubung antardusun di mamuju Tengah.Banjir bandang menyebabkan jembatan penghubung antardusun di mamuju Tengah. Foto: Dokumen Istimewa.

Terpisah, Koordinator Pusdatin BPBD Mamuju Tengah Rezky Ilhamsyah menyebut jembatan putus diterjang banjir itu membuat warga di Dusun Kayu Calla sempat terisolir sebelum akhirnya dibuatkan rakit pada Rabu (7/9).

"Sempat terisolir Dusun Kayu Calla, Desa Karossa, ada 1 jmbatan penghubung antar dusun putus, penanganannya untuk sementara menggunakan rakit," ungkapnya.

Rezky menyebut saat hujan terjadi di Mamuju Tengah pada Senin (5/9) lalu terdapat 7 titik wilayah yang mengalami banjir. Termasuk Desa Karossa, Namun jembatan penghubung dusun di Desa Karossa putus pada esok harinya.

"Senin banjir di 7 titik termasuk di Desa Karossa, jembatan putus itu pas sudah masuk tanggal 6," ujarnya.



Simak Video "Banjir Terjang Trenggalek, Jembatan Antardusun Putus"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)