Menpora Puji Festival Sandeq 2022: Sebuah Mahakarya Maritim Indonesia

Menpora Puji Festival Sandeq 2022: Sebuah Mahakarya Maritim Indonesia

Inkana Putri - detikSulsel
Jumat, 09 Sep 2022 17:54 WIB
Festival Sandeq Balikpapan
Foto: Dok. Pemprov Sulbar
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali menghadiri puncak Festival Sandeq 2022 di Pantai Manggar Balikpapan, Jumat (9/9). Dalam kesempatan tersebut, Zainuddin menilai festival ini menjadi kegiatan yang layak dicontoh bagi daerah lain.

Ia menjelaskan Festival Sandeq 2022 ini telah dapat menghadirkan kegiatan yang inovatif di tengah kondisi anggaran terbatas. Terlebih pelaksanaan Festival Sandeq juga dipercepat atas tantangan darinya. Dan tantangan ini pun disanggupi, hal ini terbukti dari para kapal yang berlabuh di Pantai Manggar pada 7 September lalu.

"Itu karena nyalinya besar. Ini adalah sport tourism, para Passandeq kalau fisiknya tidak kuat dia tidak akan tiba di Pantai Manggar ini, tapi karena punya kekuatan fisik dan nyali maka perjalanan mengarungi laut mereka tiba di Pantai Manggar ini. Tentu kami mengapresiasi atas Pemda yang mulai menggairahkan kehidupan sport tourism," ujar Zainuddin dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).


"Ini suatu contoh inovasi daerah, tidak ada halangan untuk melakukan sebuah kegiatan. Bapak (PJ Gubernur Sulbar) harus buktikan bisa ditempat lain. Ini inspirasi untuk bisa mandiri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Zainuddin menjelaskan Festival Sandeq juga menjadi langkah untuk memperkuat komitmen dalam mendukung pembangunan IKN, yang bertujuan untuk pemerataan pembangunan

"Agar tidak ada lagi Jawa sentris. IKN di tempatkan di Kaltim yang berada di tengah sehingga terlayani semua," ungkapnya.

Ia berharap Festival Sandeq yang juga digelar sebagai rangkain dari Haornas dapat terus diselenggarakan di tahun berikutnya. Menurutnya, Festival Sandeq juga berperan mendukung Haornas di Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, Zainuddin juga menyampaikan permohonan maaf atas tidak hadirnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hal ini lantaran adanya persiapan pembukaan Haornas ke-39 pada Jumat (9/9) di Balikpapan.

Sementara itu, PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik menyampaikan terima kasih atas kehadiran sejumlah pihak. Hal ini termasuk fasilitas dari Wali Kota Balikpapan dalam mendukung beberapa rangkaian acara Festival Sandeq 2022. Ia menyebut berkat kolaborasi seluruh pihak dan passandeq, kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.

"Walaupun Sulbar kecil dengan APBD Rp 1,9 miliar tapi kami memiliki nyali yang besar. Seperti sandeq kecil tapi berani mengarungi samudera. Ini menjadi inspirasi Indonesia. Tidak bergantung pada BBM, hanya mengandalkan angin mengarungi lautan," paparnya.

"Sandeq sebuah mahakarya maritim Indonesia, Ini menjadi Inspirasi Indonesia," lanjutnya.

Di sisi lain, Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengapresiasi atas suksesnya perhelatan Festival Sandeq yang digelar beberapa hari di Balikpapan. Menurutnya, event tersebut menjadi momentum menumbuhkan semangat generasi untuk mencintai laut.

"Momentum ini menumbuhkan semangat kami, khususnya generasi kita untuk cinta kepada laut," pungkasnya

Seperti diketahui, sebelumnya, pembukaan Festival Sandeq ditandai dengan penyerahan komoditi oleh Sekretaris Daerah sebagai perwakilan provinsi se-Indonesia. Penyerahan ini menjadi simbol Indonesia mendukung pembangunan IKN, sebagaimana tajuk dari acara Festival Sandeq 2022.

(akd/ega)