Banjir Rendam Satu Desa di Sidrap, 18 Hektare Sawah Gagal Panen

Banjir Rendam Satu Desa di Sidrap, 18 Hektare Sawah Gagal Panen

Muhclis Abduh - detikSulsel
Rabu, 31 Agu 2022 16:46 WIB
Banjir menerjang Desa Betao Riase, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel).
Foto: Banjir di Sidrap.(dok.ist)
Sidrap -

Banjir merendam Desa Betao Riase, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel). Akibatnya 18 hektare lahan persawahan milik petani gagal panen.

"Dampak banjir membuat petani gagal panen. Itu sawah yang sudah siap panen yang terendam. Kurang lebih sekitar 18 hektare," ungkap Kepala Desa Betao Riase, Suardi Laupe saat dikonfirmasi detikSulsel, Rabu (31/8/2022).

Banjir tersebut terjadi sejak Selasa (30/8) sore. Selain sawah, kerusakan lain yang terjadi juga yakni akses jalan poros desa membuat warga semakin sulit untuk keluar masuk desa sebab jalannya berlubang serta berlumpur.


"Banjir sudah surut. Jalan poros desa sudah bisa dilalui kendaraan, tetapi kondisinya rusak dan berlubang akibat banjir membuat akses warga terganggu untuk beraktivitas," paparnya.

Selain merusak sawah dan akses jalan banjir yang terjadi tersebut juga mengakibatkan tanah longsor di sekitar pemukiman warga dan kebun. Panjang tanah longsor sekitar 100 meter.

"Kita sampaikan agar warga tetap waspada dan mengantisipasi potensi banjir susulan dan tanah longsor," imbuhnya.

Suardi pun berharap selain bantuan material ke warga terdampak, nantinya pemerintah daerah juga dapat memberikan perhatian terhadap sawah petani yang terendam dan gagal panen.

"Kita berharap agar ada perhatian kepada petani kami yang gagal panen," tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPBD Sidrap Sudarmin menambahkan faktor penyebab banjir di Desa Betao Riase yakni terjadinya hujan deras selama sepekan terakhir dan menyebabkan volume air meningkat dengan cepat.

"Lahan di daerah lokasi banjir berada di dekat aliran sungai yang mengalir sepanjang musim sehingga saat hujan deras rawan banjir besar," tegasnya.



Simak Video "Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Rumah hingga Sekolah di Pinrang"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)