Mahfud Md Resmikan 4 Mal Pelayanan Publik di Sulsel, Target Rampung 2024

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Jumat, 19 Agu 2022 16:56 WIB
Mahfud Md, meresmikan 4 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini.
Foto: Mahfud Md, meresmikan 4 Mal Pelayanan Publik di Sulsel. (Xenos Zulyunico Ginting/detik.com)
Maros -

Pelaksana tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Mahfud Md, meresmikan 4 Mal Pelayanan Publik (MPP) di Sulawesi Selatan (Sulsel) hari ini. Mahfud mengungkapkan target pemerintah melengkapi MPP di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia sebelum 2024.

Peresmian 4 MPP tersebut dipusatkan di Plaza MPP Kabupaten Maros, Jumat (19/8/2022). Selain Maros, ada pun 3 wilayah di Sulsel yang sekaligus diresmikan, yakni Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Pinrang dan Kota Parepare.

"Kalau targetnya Pak Wapres, itu tahun 2024 sudah lengkap. Mudah-mudahan sebelum 2024 sudah lengkap," ungkap Mahfud kepada wartawan di MPP Kabupaten Maros, Jumat (19/8).

Mahfud menjelaskan, saat ini dari 500 lebih kabupaten/kota di Indonesia, MPP yang sudah diresmikan baru 63.

"Di kabupaten-kabupaten lain juga masih belum lengkap, dari 500 sekian kabupaten/kota, tadi baru 63. Jadi masih banyak," jelasnya.



Menurutnya, MPP ini sangat penting sebagai upaya pemerintah untuk melakukan reformasi birokrasi guna memajukan Indonesia, khususnya dengan memberikan kemudahan berusaha dan meningkatkan daya saing global kepada seluruh masyarakat.


Dengan adanya MPP dalam mengurus administrasi pada beberapa instansi dan lembaga pemerintahan serta Badan Usaha Milik Daerah atau Badan Usaha Milik Negara, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor yang terpisah-pisah.



"Salah satu cara untuk kemajuan Indonesia itu adalah melakukan reformasi birokrasi," ujar Mahfud.

"Mal Pelayanan Publik merupakan bentuk nyata kehadiran negara bagi masyarakat. Kebijakan MPP bertujuan memberikan kemudahan berusaha di Indonesia. Sekaligus berupaya meningkatkan daya saing global," tambahnya.

Dalam agenda peresmian MPP tersebut Mahfud Md turut didampingi Sekretaris Daerah Sulsel, Abdul Hayat Gani, Bupati Maros, Chaidir Syam, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Bupati Pinrang, Irwan Hamid dan perwakilan Pemerintah Kota Parepare.



Simak Video "Kekesalan Mahfud ke Lukas Enembe gegara Korupsi Dana Otsus"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)