109 Narapidana di Tana Toraja Dapat Remisi Kemerdekaan, Tertinggi 5 Bulan

Rachmat Ariadi - detikSulsel
Kamis, 18 Agu 2022 00:33 WIB
Sebanyak 109 narapidana di Rutan Kelas II B Makale Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) terima remisi hari kemerdekaan.
Foto: narapidana di Rutan Kelas II B Makale Tana Toraja (dok.ist)
Makale -

Sebanyak 109 narapidana (napi) di Rutan Kelas II B Makale Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) menerima remisi di HUT ke-77 RI. Di antaranya ada 9 orang yang mendapat remisi 5 bulan.

"Ini adalah hadiah di HUT RI ke-77. Remisi ini untuk narapidana yang berkelakuan baik," kata Kepala Rutan Makale, Luther Toding Patandung kepada detikSulsel, Rabu (17/8/2022).

Luther mengungkapkan, narapidana yang menerima remisi tersebut dengan rincian 9 napi mendapat remisi 5 bulan, 19 napi mendapat remisi 4 bulan, 28 napi mendapat remisi 3 bulan, 37 napi mendapat remisi 2 bulan, dan 15 napi mendapat remisi satu bulan.


"Belum ada mendapat remisi bebas. Penyerahan remisi umum ini diberikan berdasarkan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) RI yang diberikan kepada napi yang telah memenuhi syarat administratif dan subtantif," ungkap Luther.

Hal tersebut sesuai UU No 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan serta Kepres No 174 Tahun 1999 tentang remisi.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi tahanan lainnya yang belum mendapatkan remisi, agar selalu berlaku baik selama berada di dalam rutan," lanjutnya.

Sementara itu, salah seorang napi Rutan Makale berinisial SA mengutarakan, remisi tentu sangat membantu dirinya untuk segera berkumpul kembali bersama keluarganya.

"Dapat remisi 5 bulan. Iya beruntung sekali, karena masa tahanan dipotong. Semakin dekat makan masakan rumah, semakin dekat kumpul dengan keluarga," ucapnya diselingi tawa.



Simak Video "Remisi 168 Ribu Napi Buat Kemenkumham Hemat Anggaran Makan Rp 259 M"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)