Sambut HUT RI, Warga Pinrang Arak Bendera Merah Putih ke Gunung Paleteang

Muchlis Abduh - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 17:14 WIB
Pengarakan bendera raksasa di Pinrang dalam rangka HUT RI ke-77.
Foto: Muchlis Abduh.
Pinrang -

Warga Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengarak bendera merah putih raksasa menuju Gunung Paleteang dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77. Sedianya bendera raksasa tersebut akan dikibarkan pada 17 Agustus besok.

Pantauan detikSulsel di lokasi, bendera raksasa tersebut mulai diarak dari Lapangan Lasinrang Park sekitar pukul 14.30 Wita sore tadi. Rombongan pengarak bendera bergerak ke arah Gunung Paleteang.

Tampak sejumlah warga ikut dalam rombongan pengarak bendera tersebut mengenakan pernak-pernik merah putih. Warga juga ada yang mengenakan pakaian pejuang veteran lengkap dengan sepeda ontel.


Aksi pengarakan bendera ini juga mengundang perhatian warga sekitar yang dilewati. Warga yang tak ingin ketinggalan lantas mengabadikan momentum langka tersebut dengan merekam video.

Pengiring bendera tampak harus ekstra hati-hati sebab angin sesekali bertiup kencang membuat mereka kesulitan. Bahkan sesekali pengiring bendera harus singgah untuk memperbaiki pegangan ke kain bendera.

M. Rafhi, seorang inisiator pengarakan dan pengibaran bendera tersebut mengatakan bendera raksasa tersebut sempat singgah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Palia dan selanjutnya menuju ke Gunung Paleteang.

"Estimasi massa yang akan ikut membawa bendera sekitar 200 orang. Terdiri dari pelajar, komunitas pecinta alam, dan komunitas lainnya yang ikut tergabung," kata Rafhi kepada detikSulsel, Selasa (16/8/2022).

Ia menjelaskan acara ini diinisiasi oleh Forum Komunitas Pecinta Alam (FKPA) dengan mengajak komunitas pecinta alam, pelajar dan segenap warga masyarakat Pinrang.

"Pelibatan masyarakat dengan mengarak bendera tujuannya agar semangat kemerdekaan ini dirasakan lebih luas," rincinya.

Diketahui, bendera tersebut memiliki panjang 65 meter. Pihak panitia menyebut bendera raksasa itu sebenarnya memiliki panjang 75 meter, namun ukuran bendera sudah berkurang karena sebagian sudah robek.

"Benderanya menyusut, ada bagian yang robek jadi diperbaiki kembali sehingga sisa 65 meter, tetapi saya yakin angka bukan masalah sebab semangat kita tetap sama untuk menyemarakkan hari kemerdekaan," paparnya.

Pengarakan bendera raksasa di Pinrang dalam rangka HUT RI ke-77.Pengarakan bendera raksasa di Pinrang dalam rangka HUT RI ke-77. Foto: Muchlis Abduh.

Dia mengatakan bendera raksasa ini sekadar dibentangkan di Gunung Paleteang. Sementara acara pengibaran akan dilakukan pada esok hari, Rabu (17/8) dalam rangka menyambut HUT RI ke-77 di atas Gunung Paleteang. Namun peserta dibatasi agar tidak merusak ekosistem yang ada di gunung.

"Kita batasi peserta di atas gunung untuk ikut upacara karena menjaga kondisi gunung tidak disesaki manusia juga. Mungkin hanya puluhan yang ikut terutama pelajar dan komunitas pecinta alam" rincinya.



Simak Video "Melihat Antusiasme Warga Kulon Progo Pasang Seribu Lampu untuk HUT RI"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)