608 Pendaki Hendak Rayakan HUT RI ke-77 Tiba di Puncak Gunung Bawakaraeng

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 16:49 WIB
Situasi di Lembanna, kawasan hutan pinus yang menjadi pos pertama  pendakian ke Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma.
Foto: Situasi di Lembanna, kawasan hutan pinus yang menjadi pos pertama pendakian ke Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma.
Gowa -

608 Pendaki dilaporkan sudah tiba di puncak Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam rangka merayakan HUT RI ke-77. Angka 608 pendaki tersebut teregistrasi di Posko Lembanna.

"Data terakhir hari ini yang naik ke puncak Gunung Bawakaraeng sekitar 608 orang," kata Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi kepada detikSulsel, Selasa (16/8/2022).

Djunaidi mengatakan angka 608 pendaki tersebut merupakan data terbaru yang dirilis per hari ini, Selasa (16/8). Ratusan pendaki tersebut kini berada di puncak dengan ketinggian 2.700 meter di bawah permukaan laut (MDPL).


Menurutnya, sebagian pendaki lainnya hanya melakukan pendakian hingga ke Pos 5, Lembah Ramma. Kemudian sebagian lainnya hanya membangun tenda di kawasan hutan pinus Lembanna.

Berdasarkan data yang diperoleh hingga hari ini, ada 75 pendaki hanya melakukan pendakian hingga di Pos 5, kemudian 113 pendaki mengarah Lembah Ramma. Sementara untuk di wilayah hutan pinus Lembanna sebanyak 154 orang sehingga total yang teregistrasi di data Basarnas Sulsel adalah 949 orang.

Kendati demikian, para pendaki lainnya diperkirakan masih akan datang hingga Selasa (16/8) malam ini.

"Jadi kita antisipasi sampai malam karena biasa datang malam juga," katanya.



Simak Video "Longsor Tutup Jalan di Parepare Sulsel, 4 Rumah Terdampak"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)