Berita Nasional

Jembatan Desa Bonda Mamuju Putus Diterjang Banjir, 4 Dusun Terisolir

Hafis Hamdan - detikSulsel
Senin, 15 Agu 2022 00:30 WIB
Jembatan desa di Mamuju, putus karena diterjang banjir.
Foto: Dokumen Istimewa.
Mamuju -

Jembatan kayu di Desa Bonda, Kecamatan Papalang, Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) terputus usai diterjang banjir. Akibatnya, warga dari 4 dusun yang berada dalam desa kesulitan menuju kantor desa, termasuk kesulitan menyeberang ke 5 dusun di sebelahnya.

"Iya terputus karena banjir dan air laut pasang, kebetulan dekat muara juga ini lokasi jembatan. 4 dusun sekarang sulit aksesnya ke kantor desa," kata Kepala Desa Bonda Abd Wahab saat dikonfirmasi, Minggu (14/8/2022).

Wahab menjelaskan, terputusnya jembatan kayu menuju akses 4 dusun di Desa Bonda karena hujan deras yang semakin parah karena bertepatan dengan pasang air laut pada sore hari tadi, Minggu (14/8).


"Sore tadi sekitar jam 4 hujan deras pas juga pasang air laut, volume air yang putus jembatan ini setinggi orang dewasa," bebernya.

Wahab mengatakan karena banjir yang memutus jembatan kayu tersebut, warganya yang berada di 4 dusun kini kesulitan akses untuk membawa hasil kebun dan jualan.

"Sulit mi sekarang ini warga di 4 dusun, harus mutar sejauh 10 kilometer lewat desa sebelah (Toabo) untuk bawa hasil kebun dan ke kantor desa," ujar Wahab

"Karena jalan juga jelek untuk lewat Desa Toabo, jadi warga di 4 dusun biasa 30 menit kasian untuk bisa ke kantor desa juga bawa hasil kebun," sambungnya.

Ia berharap atas peristiwa ini jembatan Desa Bonda bisa menjadi perhatian serius pemerintah Kecamatan Papalang.

"Semoga ini dianggarkan secepatnya untuk pembangunan jembatan baru oleh pemerintah Kecamatan Papalang, Kasian warga saya di 4 dusun itu, kan sudah masuk juga pembahasan Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan," harapnya.



Simak Video "Banjir 1 Meter Rendam Permukiman Warga Mamuju Sulbar!"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)