Kalimantan Timur

Geger Buaya 2 Meter Terkam Kucing di Pinggir Danau Folder Kaltim

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 22:39 WIB
Buaya terkam kucing di Kaltim.
Foto: Buaya terkam kucing di Kaltim. (dok. istimewa)
Kutai Timur -

Seekor buaya berukuran 2 meter menerkam kucing yang sedang berada di pinggir Danau Folder Ilham Maulana, Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim) bikin geger warga. Lokasi buaya muncul itu kerap digunakan warga untuk berolahraga.

"Iya benar, kejadian itu di Danau Folder Sangatta, informasinya buaya yang muncul ini berukuran 2 meter lebih," kata Anggota Damkar Kutim, Saudin kepada detikcom, Jumat (12/8/2022).

Kemunculan buaya yang menerkam kucing saat hendak minum di pinggir danau itu membuat warga khawatir. Hal ini karena kawasan danau kerap digunakan warga untuk berolahraga.


"Selama ini kawasan Folder memang cukup ramai, itulah yang kita khawatirkan selama ini. Untuk masyarakat banyak yang joging dan beraktivitas, makanya janganlah terlalu merapat ke sisi tepi Folder itu. Khawatirnya seperti itu," saran Saudin.

Dijelaskan Saudin, lokasi Danau Folder memang berdekatan dengan Sungai Kenyamukan yang merupakan tempat habitat buaya di Sangatta.

"Folder itu kan terkoneksi dengan kanal satu, tembus ke Sungai Kenyamukan satu aliran, dan saat ini kami belum bisa mastikan jumlah buaya yang berada di dalam Folder," ungkapnya.

"Karena pintu Folder itu tidak pernah ditutup selalu dibuka. Jadi buaya itu keluar masuk aja. Kecuali pintu air Folder itu tertutup dan terpantau," sambungnya.

Meski kerap muncul, pihaknya hingga kini belum dapat melakukan evakuasi terhadap buaya yang berada di dalam Folder lantaran belum ada laporan dan permintaan untuk evakuasi.

"Untuk saat ini belum ada laporan secara langsung kepada kita untuk evakuasi buaya itu. Karena posisi Folder ini kan lumayan luas, bisa aja sih kita turunkan tim untuk evakuasi, cuman kan persoalan ini memang harus duduk bersama demi keselamatan semuanya," pungkasnya.



Simak Video "Pria di Banyuasin Sumsel Tewas Diterkam Buaya, Kepala Hilang!"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)