15 Film Tentang Kemerdekaan Indonesia, Cocok Ditonton Menjelang HUT RI

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 15:24 WIB
Film Merah Putih
Film Merah Putih yang bercerita tentang perjuangan Kemerdekaan Indonesia (Foto: Dok. Ist)
Makassar -

Film tentang kemerdekaan Indonesia sangat pas ditonton jelang peringatan HUT RI. Sejumlah film dengan latar kemerdekaan Indonesia dapat disaksikan bersama keluarga dan teman-teman.

Ada berbagai film bertema kemerdekaan yang bisa jadi pilihan. Film-film tersebut mengisahkan tentang perjuangan para pahlawan dalam menghadapi konflik yang terjadi jelang maupun pasca Proklamasi Kemerdekaan dibacakan pada 17 Agustus 1945.

Berikut 15 film tentang kemerdekaan Indonesia yang dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:


1. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film Soekarno: Indonesia MerdekaFilm Soekarno: Indonesia Merdeka Foto: Dok. Ist

Film Bertema kemerdekaan berjudul Soekarno: Indonesia Merdeka dirilis pada 2013 silam. Film ini menampilkan Ario Bayu yang berperan sebagai Soekarno serta Lukman Sardi sebagai Moh Hatta.

Soekarno: Indonesia Merdeka menjadi film yang paling cocok untuk ditonton jelang HUT RI, karena mengisahkan tentang presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno sejak kecil. Pada film ini menceritakan pria bernama Kusno yang sejak kecil sering sakit-sakitan, hingga kedua orang tuanya mengganti nama anak tersebut dengan Soekarno.

Selain itu, dalam film ini penonton akan disuguhkan Soekarno tampil dengan pidato-pidatonya yang penuh semangat. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini begitu detail mulai dari peristiwa pengasingan Soekarno hingga detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

2. Merah Putih (2009)

Film Merah PutihFilm Merah Putih Foto: Dok. Ist

Film Selanjutnya adalah Merah Putih. Film ini dirilis pada tahun 2009 silam.

Film Merah Putih menceritakan sejarah perjuangan pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dibacakan. Dimana para pejuang Indonesia yang kembali melawan Belanda setelah kemerdekaan pada tahun 1947.

Aktor ternama seperti Lukman Sardi, Teuku Rifnu Wikana, Darius Sinathrya, hingga Donny Alamsyah hadir memerankan para pejuang Kemerdekaan. Suasana perang dalam film ini begitu terlihat nyata seakan penonton sedang terlibat dalam perang.

3. Darah Garuda (2010)

Film Darah GarudaFilm Darah Garuda Foto: Wikipedia

Darah Garuda merupakan film kedua dari trilogi film Merah Putih yang dirilis pada 2010. Film tentang Kemerdekaan Indonesia ini berlatarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1947.

Tepatnya, saat terjadinya peristiwa Agresi Militer Belanda I ke jantung pemerintahan Republik Indonesia di Jawa Tengah. Terdapat sekawanan yang menjalin persahabatan sebagai kadet dan selamat dari pembantaian oleh tentara Belanda.

Mereka kemudian berperang sebagai tentara gerilya di pedalaman. Konflik mewarnai perjuangan mereka karena perbedaan sifat, status sosial, etnis, budaya, dan agama.

Selanjutnya film Kadet 1947...