30 Nelayan di Wajo Ikuti Lomba Balap Perahu Meriahkan HUT RI

Agung Pramono - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 13:23 WIB
Bupati Wajo membuka kegiatan lomba balap perahu.
Foto: Bupati Wajo membuka kegiatan lomba balap perahu. (dok.istimewa)
Wajo -

Sebanyak 30 nelayan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengikuti lomba balapan perahu. Acara ini untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

"Kami gelar lomba balapan perahu dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Lomba ini diikuti 30 nelayan," kata Ketua Panitia Lomba Balap Perahu, Faisal kepada detikSulsel Jumat (12/8/2022).

Lomba ini digelar di Danau Lampulung, Kelurahan Pattirosompe, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Event ini berlangsung sejak Kamis (11/8) kemarin hingga Jumat (12/8).


Faisal mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa memupuk rasa persatuan dan kesatuan dari masyarakat khususnya nelayan. Danau Lampulung ini menjadi bagian dari empat desa dan kelurahan, yaitu Kelurahan Pattirosompe dan Kelurahan Atakkae di Kecamatan Tempe, Desa Lampulung di Kecamatan Pammana, dan Desa Tua di Kecamatan Majauleng.

"Ini merupakan agenda pertama kali kami lakukan. Kami berharap agar event ini bisa menjadi agenda tahunan di kalender pariwisata Kabupaten Wajo," sebutnya.

Faisal menambahkan, untuk peserta sementara yang sudah melapor ada 30 orang. Perahu dari Padaelo, Desa Lampulung ada 6, Atakkae 1, Palattae 2, Limpua 1, dan Tomodi 20.

"Untuk kategori yang diperlombakan yakni Kelas Pattirosompe 1 (13 pk) Juara 1 mesin 5,5 harga Rp 1.850.000, Juara 2 mesin 5,5 harga Rp 1.350.000, dan Juara 3 mesin 5,5 harga Rp 1.000.000. Kemudian Kelas Pattirosompe 2 (5,5 pk) juara 1 tv 21 inci, juara 2 tv 17 inci, juara 3 tv 14 inci. Ada juga juara hiburan kipas angin 4 buah," jelasnya.

Sementara Bupati Wajo Amran Mahmud yang membuka kegiatan tersebut mengaku akan menggelar event ini secara kontinu dan dibuat dengan skala lebih besar. Event ini diharap menjadi magnet untuk pariwisata di Wajo.

"Jika Pak Camat Tempe siap menjadi panitia, bisa dibuat event Bupati Cup untuk tahun depan. Apakah dalam rangka Hari Jadi Wajo atau HUT Kemerdekaan. Ini bisa dipersiapkan mulai sekarang," ucapnya.

Amran meminta kepada Pemerintah Kecamatan Tempe untuk bersama-sama organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo untuk menata kawasan Danau Lampulung. Tentunya juga dengan kolaborasi masyarakat maupun pihak lainnya.

"Danau Lampulung ini bisa mendukung pengembangan perekonomian masyarakat, seperti di sektor perikanan, dan terutama pariwisata. Misalnya melalui perlombaan balap perahu seperti hari ini," bebernya.

"Jika daerah kita banyak dikunjungi, tentu akan memberikan multi efek khususnya pertumbuhan ekonomi. Apalagi, rencana tahun ini juga kawasan Rumah Adat Atakkae akan dilakukan rehabilitasi," sambung Amran.



Simak Video "Longsor Tutup Jalan di Parepare Sulsel, 4 Rumah Terdampak"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)