Sulawesi Barat

Longsor Timpa Rumah Warga di Mamasa usai Diguyur Hujan Semalaman

Abdy Febriady - detikSulsel
Kamis, 11 Agu 2022 19:18 WIB
Tiga dusun di Mamasa terisolir akibat longsor. Ratusan warga mulai kehabisan bahan pangan (Abdy Febriady/detikcom)
Ilustrasi: (Abdy Febriady/detikcom) Rumah warga di Desa Balla, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) rusak parah tertimpa material longsor.
Mamasa -

Rumah warga di Desa Balla, Kecamatan Balla, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar) rusak parah tertimpa material longsor. Peristiwa ini terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan semalaman.

"Tadi malam (longsor) sekitar jam sembilan, penyebabnya hujan sepanjang malam sampai pagi tadi," kata pemilik rumah, Tomas kepada wartawan, Kamis (11/8/2022).

Pantauan detikSulsel, Kamis (11/8), rumah Tomas tepat berada di bawah tebing yang longsor. Selain merusak rumah, material longsor juga menimbun sejumlah barang berharga milik korban.


"Ada sebagian peralatan rumah tangga yang tertimpa (longsor)," ungkap Tomas.

Tomas mengaku langsung mengevakuasi keluarganya, setelah mendengar suara gemuruh akibat tebing di belakang rumahnya longsor. Istri dan dua anaknya berhasil keluar dari rumah.

"Saya langsung membawa keluarga keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri, dan mengungsi untuk sementara di rumah kerabat," pungkasnya.

Akibat peristiwa itu, kerugian materil yang diderita Tomas ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Saat ini, dibantu petugas, Tomas berupaya mengevakuasi harta benda di rumahnya yang masih bisa diselamatkan.



Simak Video "Longsor Putus Akses Jalan Desa dan Kelurahan di Pedalaman Polman"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)