Kalimantan Utara

Kantor KPU Tanah Tidung Kaltara Ludes Terbakar, Data Pemilu Dipastikan Aman

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Kamis, 11 Agu 2022 19:16 WIB
Kebakaran di Kantor KPU Tanah Tidung, Kaltara.
Foto: Kebakaran di Kantor KPU Tanah Tidung, Kaltara. (dok. istimewa)
Tanah Tidung -

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara) terbakar. Ketua KPU Kaltara Suryanata Al Islami memastikan berkas penting hingga data pemilu aman dalam insiden kebakaran tersebut.

"Insyaallah tidak akan mengganggu tahapan pemilu mendatang, karena saat kejadian, beberapa berkas, seperti data pemilu berhasil diselamatkan oleh teman-teman KPU Tanah Tidung," ujar Suryanata kepada detikcom, Kamis (11/8/2022).

Suryanata menerangkan, kebakaran yang melanda kantor KPU Tanah Tidung itu terjadi pada Rabu (10/8). Suryanata menyebut ada beberapa dokumen yang terbakar, namun tidak terkait dengan pemilu.


"Iya memang sebahagian dokumen yang ada di ruangan umum dan perlengkapan data ada yang ikut terbakar, tapi sebagian berhasil diselamatkan kayak data pemilu," terangnya.

Lebih lanjut Suryanata menerangkan, saat ini kantor KPU Tanah Tidung sudah tidak dapat digunakan untuk aktivitas para pegawai. Sehingga untuk sementara, kantor KPU Tanah Tidung akan dipindahkan ke eks kantor DPRD Tanah Tidung.

"Semalam Bupati juga sudah meninjau lokasi kebakaran, dan dari pihak pemerintah daerah menawarkan untuk KPU sementara waktu ditempatkan di eks DPRD Tanah Tidung," ungkapnya.

Diketahui, kebakaran yang terjadi mengakibatkan beberapa ruangan serta kendaraan KPU Tanah Tidung terbakar. Sejauh ini pihaknya masih berupaya untuk mencari dokumen yang masih bisa diselamatkan.

"Jadi yang tersisa hanya ruangan komisioner dan ruangan bagian hukum, sisanya ludes terbakar," pungkasnya.



Simak Video "Penampakan Kebakaran di Pasar Tangerang, Hanguskan 22 Lapak Pedagang"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hsr)