Unhas Beri Gelar Doktor Honoris Causa ke Ahli Biokimia Bruce Michael

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 23:15 WIB
Unhas memberikan gelar kehormatan doctor honoris causa (HC) kepada Bruce Michael Alberts.
Bruce Michael Alberts menerima gelar doktor honoris causa (HC) di Unhas. Foto: (dok. istimewa)
Makassar -

Universitas Hasanuddin (Unhas) memberikan gelar kehormatan doktor honoris causa (HC) kepada Bruce Michael Alberts. Bruce merupakan ahli biokimia yang pernah menjadi Special Envoy on Science atau mengurus kerja sama sains untuk Indonesia utusan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Bruce Michael Alberts dikukuhkan langsung Rektor Unhas Jamaluddin Jompa di Gedung Baruga AP Pettarani Unhas, Makassar, Rabu (10/8/2022). Gelar ini diberikan sebagai apresiasi atas sumbangsi Bruce di bidang sains, khususnya di Indonesia.

"Adalah hal yang sifatnya juga trust ya. Saya pun saya kira sangat jelas kenapa saya berikan. Beliau ini adalah seorang yang sangat layak dan menjadi contoh, yang membuat saya terharu, beliau sangat ikhlas membantu," kata Jamaluddin Jompa, usai prosesi penganugerahan.


Jamaluddin mengatakan sudah lama berkeinginan mendorong Bruce mendapatkan gelar kehormatan bidang sains di Unhas. Keinginan itu disebutnya sudah ada sebelum resmi menjadi rektor.

"Sebenarnya sejak pertemuan saya dengan Prof Bruce waktu 2010 seandainya sejak saat itu saya sudah jadi rektor, barangkali beliau pada saat itu sudah saya tawarkan pada tahun 2010 itu juga," terangnya, berkelakar.

Untuk diketahui, penganugerahan gelar kehormatan kepada Bruce ini juga dilihat dari kontribusinya terhadap Indonesia. Salah satu kiprahnya di bidang sains Indonesia ialah berperan penting dalam membantu mendirikan Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI).

Selain itu, Bruce turut berperan kunci dalam menginisiasi dan mengembangkan forum-forum ilmiah bagi ilmuwan muda di berbagai forum tahunan Indonesia-Amerikan KAVLI Forntiers of Sciences Syimposiun (KFoSS). Termasuk juga di Kota Makassar yang berlangsung sejak 2015.

Terkait penganugerahan gelar doktor honoris causa tersebut, Bruce berharap bisa lebih banyak berkontribusi di bidang sains Indonesia. Bruce punya mimpi menjawab tantangan itu di Indonesia.

"Bagaimana bisa saya berguna untuk Indonesia. Orang-orang ilmuwan itu di Amerika itu gelar melakukan voluntering. Kita melakukannya tanpa meminta bayaran. Jadi ada hal baru yang berkembang selama pandemi. (Diskusi) Dilakukan semua lewat zoom. Harapan saya hal itu bisa dilakukan juga di Indonesia," harapnya.



Simak Video "Detik-detik Mahasiswa Baru Unhas Diusir Lantaran Pilih Non-Binary"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)