Sulawesi Utara

Pemkot Manado Kucurkan Dana Rp 75 M Bangun Infrastruktur 87 Kelurahan

Trisno Mais - detikSulsel
Selasa, 09 Agu 2022 22:40 WIB
Ilustrasi Pekerja Proyek Pipa Distribusi Gas Bumi
Foto: Ilustrasi proyek pembangunan kelurahan di Manado. (Dok PGN)
Manado -

Pemkot Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengucurkan dana pembangunan Rp 75 miliar yang diperuntukkan 88 kelurahan di 11 kecamatan. Dana tersebut difokuskan untuk pembangunan infrastruktur.

"Total Rp 75 miliar itu dana pembangunan lingkungan, itu disalurkan ke kecamatan tetapi ditata di Dinas Kawasan Perumahan Kawasan Permukiman (Perkim)," kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Manado, Bart Asa ketika kepada detikcom, Selasa (9/8/2022).

Dia melanjutkan, program infrastruktur yang dimaksud berupa jalan setapak, drainase, hingga lampu jalan. Termasuk pekerjaan fisik serta kelengkapan yang dibutuhkan tiap kelurahan.


"Bukan dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk pekerjaan fisik. Jadi bukan dana kelurahan, tapi dana pembangunan," ujarnya.

Menurut dia pelaksanaan program tersebut sudah mulai dilaksanakan tahun ini. Namun pekerjaannya secara bertahap untuk setiap lingkungan yang tersebar di 11 kecamatan.

"Itu sudah mulai disalurkan, buat perencanaan secara keseluruhan untuk 11 kecamatan. Itu secara bertahap diberikan untuk setiap tahun," ungkap Bart.

Bart menuturkan, kelurahan yang dianggap layak mendapatkan dana pembangunan lingkungan itu harus terlebih dahulu disurvei melalui tahapan musrenbang. Selanjutnya diverifikasi oleh tim khusus yang dibentuk Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Manado.

"Jadi nanti disurvei melalui mekanisme musrenbang, kemudian juga ada tim survei khusus dari Dinas Perkim, memverifikasi data hasil musrenbang dan kemudian apa-apa lagi yang dibutuhkan, baru dikonsultasikan untuk dibuatkan perencanaan per kecamatan," jelasnya.

Kepala Dinas Perkim Kota Manado Peter Eman menjelaskan, dana pembangunan tersebut difokuskan memperbaiki infrastruktur. Ada 87 kelurahan yang diusulkan diakomodir dalam program ini lewat musrenbang.

Dia melanjutkan, program ini terbagi menjadi 5 paket kegiatan di 11 kecamatan. Wilayah kecamatan yang dimaksud, yakni Kecamatan Malalayang, Tikala, Paal Dua, Wanea, Sario, Mapanget, Tuminting, Bunaken, Singkil, Wenang dan Kecamatan Bunaken Kepulauan.

"Usulan dari setiap lingkungan yang sudah masuk, total ada 87 kelurahan," sebut Peter.

Program tersebut sudah sementara dimulai sejak minggu lalu setelah tanda tangan kontrak pengerjaan. Pembangunannya tergantung kebutuhan tiap kelurahan.

"Ada jalan, drainase, talud, baru ada pekerjaan railing tangga dan pekerjaan lain yang ada di lingkungan," pungkasnya.



Simak Video "Anies Sebut Pemerintah Tak Cukup Hanya Bangun Infrastruktur Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)