Kartu Prakerja Gelombang 40 Dibuka, Cek Jadwalnya Sebelum Tutup!

Edward Ridwan - detikSulsel
Selasa, 09 Agu 2022 11:56 WIB
Infografis Cara Cek Kartu Prakerja Gelombang 24
Ilustrasi cek jadwal Kartu Prakerja gelombang 40. (Foto: Infografis detikcom/M Fakhry Arrizal)
Makassar -

Kartu Prakerja gelombang 40 resmi dibuka pada 7 Agustus 2022. Bagi masyarakat yang belum lolos seleksi pada tahap sebelumnya dapat kembali mendaftar.

Program Kartu Prakerja gelombang 40 dapat terbuka untuk masyarakat umum yang sudah berumur 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan yaitu berupa bantuan mengikuti pelatihan keterampilan/skill senilai Rp 1.000.000 per orang. Pelatihan ini bisa diikuti melalui berbagai website/platform yang bekerja sama dengan pemerintah.


Selain bantuan pelatihan, juga terdapat insentif bulanan sebesar Rp 600.000 setiap bulan selama 4 bulan berturut-turut. Dengan syarat telah menyelesaikan minimal 1 pelatihan.

Manfaat lainnya adalah berupa insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 50.000 per survei, sebanyak 3 kali survei. Total insentif survei adalah Rp 150.000 per orang.

Lantas sampai kapan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 40 dibuka?

Jadwal Lengkap Kartu Prakerja Gelombang 40

Bagi peserta program Kartu Prakerja gelombang 40 ini dianjurkan mengecek pengumuman melalui akun Prakerja secara berkala. Pasalnya, tidak ada informasi pasti terkait penutupan pendaftaran,

Namun, jika mengacu pada pola pendaftaran gelombang-gelombang sebelumnya, maka masa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang dibuka selama 3 hari sejak pengumuman resmi pembukaan. Artinya, kemungkinan hari ini, Selasa (9/8/2022) merupakan hari terakhir masa pendaftaran.

Tetapi tidak menutup kemungkinan penutupan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 40 dilakukan lebih cepat atau lebih lama dari waktu yang diestimasikan.

Pendaftar yang telah terdaftar pada Kartu Prakerja Gelombang 40 akan mendapatkan status di dashboard "Menunggu Gelombang Ditutup". Status tersebut menandakan data para pendaftar Gelombang 40 telah masuk ke sistem Kartu Prakerja, tetapi belum diseleksi karena pendaftaran belum ditutup.

Setelah pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 40 ditutup, selanjutnya masuk ke tahap proses seleksi dan kemudian diumumkan hasilnya.

Meski begitu untuk informasi detail terkait Kartu Prakerja gelombang 40, peserta perlu memantau pengumuman di akun prakerja maupun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 40

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 40 dapat dilakukan secara online melalui website resmi Prakerja. Atau dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Login www.prakerja.go.id
  2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
  3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
  4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
  5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
  6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.


Simak Video "Rp 71,2 M Dana Sudah Mengalir Buat 29 Ribu Penerima Prakerja di Pulau Nias"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/tau)