6 Cara Mengatasi Perut Kembung secara Alami dan Ampuh

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Rabu, 03 Agu 2022 08:20 WIB
Woman Stomach Ache
Ilustrasi perut kembung (Foto: Istock)
Makassar -

Cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan berbagai metode pengobatan. Cara yang tepat akan mempercepat meredakan gejala yang dirasakan.

Perut kembung adalah kondisi ketika perut terasa kencang, penuh, dan terlihat membesar. Kondisi ini terjadi karena gas di perut terlalu banyak sehingga menimbulkan kram atau rasa tidak nyaman di perut.

Perut kembung umumnya disertai dengan gejala lain, seperti sering bersendawa, perut nyeri saat ditekan, perut terlihat lebih membesar dari biasanya, dan sering buang gas. Kondisi perut kembung karena ketika seseorang makan atau minum, ada udara atau gas yang ikut tertelan dan masuk ke kerongkongan dan menuju perut.


Cara Mengatasi Perut Kembung

Saat seseorang mengalami masalah perut kembung, ada beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa dilakukan. Cara mengatasi perut kembung ini bisa membantu mengurangi gejala perut kembung yang dirasakan oleh penderita.

Melansir dari laman resmi National Health Service UK, berikut ini beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah:

1. Berolahraga Secara Teratur

Cara mengatasi perut kembung dengan nberolahraga secara teratur bisa membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan dan membantu mencegah perut kembung. Berolahraga juga bisa menjadi cara mengatasi perut kembung saat seseorang mengalami gejala perut kembung karena bisa membantu meredakan gejala yang dirasakan.

2. Menutup Mulut saat Mengunyah Makanan

Mengunyah makanan dalam keadaan mulut tertutup bisa menjadi cara mengatasi perut kembung yang cukup efektif. Cara mengatasi perut kembung dengan mengunyah makanan dalam keadaan mulut tertutup bisa membantu menghindari seseorang menelan udara saat mengunyah.

3. Minum Banyak Air, Khususnya Air Hangat

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonusmi banyak air. Pendertia disarankan meminum banyak air, khususnya air hangat saat mengalami perut kembung untuk membantu meredakan gejalanya.

Air hangat memiliki efek vasodilator yang mampu memperlebar pembuluh darah, dan menstimulasi aliran darah menuju usus. Meminum air hangat juga dapat menjadi cara mengatasi perut kembung dan mencegahnya dengan cara membantu membersihkan usus.

4. Makan makanan tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi bisa menjadi salah satu solusi cara mengatasi perut kembung. Cara ini akan sangat efektif jika gejala perut kembung yang dialami diakibatkan oleh sembelit.

Makanan yang memiliki kandungan serta tinggi bisa dikonsumsi sebagai solusi cara mengatasi perut kembung karen mampu merangsang pergerakan usus. Dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, makanan dapat tercerna dengan baik sehingga membantu cara mengatasi perut kembung.

5. Makan dengan porsi lebih kecil, namun lebih sering

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya bisa dilakukan dengan mengatur porsi makan dengan tepat. Usahakan makan dengan porsi yang lebih daripada biasanya, namun lakukan lebih sering.

Makan dengan porsi lebih kecil namun sering merupakan cara mengatasi perut kembung yang cukup efektif karena bisa membantu menjaga fungsi sistem pencernaan. Hindari makan dengan porsi besar dalam sekali makan karena bisa menyebabkan perut kembung dan memberatkan kerja organ lambung serta usus.

6. Lakukan pijatan pada bagian perut

Memijat perut bisa menjadi cara mengatasi perut kembung secara alami. Untuk merakan manfaatnya, penderita dapat melakukan pijatan lembut dari arah kanan ke kiri.

Cara mengatasi perut kembung dengan melakukan pijatan bisa membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan. Pijatan pada perut juga bisa membantu melepaskan angin dan gas yang terperangkap di dalam perut.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Perut Kembung

Setelah mengetahui cara mengatasi perut kembung, perlu diketahui langkah pencegahan agar gejala perut kembung tidak lagi kembali.

Berikut beberapa hal yang perlu dihindari untuk mencegah timbulnya gejala perut kembung:

1. Hindari Minuman Berkarbonasi

Cara mengatasi perut kembung bisa dilakukan dengan menghindari minuman berkarbonasi. Minuman berkarbonasi sebaiknya dihindari karena bisa mememperparah penumpukan gas yang ada di lambung.

2. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Banyak Mengandung Gas

Menghindari makanan yang bisa menimbulkan gas bisa menjadi cara mengatasi perut kembung yang cukup efektif. Beberapa makanan yang diketahui menyebabkan gas seperti kubis, kacang-kacangan, atau lentil.

3. Jangan Mengonsumsi Makanan Berat saat Menjelang Tidur

Cara mengatasi perut kembung selanjutnya bisa dilakukan dengan menghindari makan berat saat malam hari menjelang istirahat. Hindari juga membungkuk saat sedang makan untuk mencegah terjadinya perut kembung.

4. Hindari Makanan Olahan, Manis, Pedas, dan Berlemak

Penyakit perut kembung bisa dicegah dengan menhindari jenis makanan olahan, makanan, manis, pedas, dan juga makanan berlemak. Jenis makanan tersebut perlu dihindari untuk mencegah penpenderita mengalami perut kembung.

5. Jangan Konsumsi yang Memicu Intoleransi Makanan

Intoleransi makanan merupakan kondisi saat tubuh sulit mencerna zat dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Namun, kondisi ini berbeda dengan alergi.

Saat perut kembung upayakan menghindari makanan yang dapat memicu intoleransi makanan. Pasalnya hal ini dapat memperburuk gejala yang dialami.



Simak Video "Kondisi Terkini Joan Mir Usai Dilaporkan Sakit Perut"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/asm)