Berita Internasional

Warga Arab Saudi Ditangkap Buntut Bantu Jurnalis Israel Masuk Mekah

Tim detikTravel - detikSulsel
Jumat, 22 Jul 2022 18:37 WIB
Gil Tamary, jurnalis Israel
Gil Tamary. Foto: (Twitter)
Riyadh -

Warga yang membantu seorang jurnalis televisi Israel, Gil Tamary masuk ke Tanah Suci Mekah dan Madinah ditangkap polisi. Dia dianggap melakukan pelanggaran yang tidak bisa ditoleransi.

Dilansir detikTravel, kasus Gil Tamary masih berlanjut meskipun dia telah meminta maaf. Awalnya, Gil Tamary masuk ke Arab Saudi hanya dengan izin khusus untuk mewartakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang berkunjung ke sana.

Hanya saja, Gil Tamary kemudian melakukan pelanggaran atas izin tersebut. Dia memutuskan untuk masuk ke dua kota suci di Arab Saudi yakni Mekah dan Madinah.


Seperti diketahui, kedua kota ini mempunyai aturan khusus yakni hanya boleh diakses oleh umat yang beragama muslim. Sementara Gil Tamary adalah seorang non muslim.

Gil Tamary pun berhasil masuk ke kota Mekah dan naik ke Gunung Arafat. Dia dibantu seorang warga Arab Saudi yang menjadi sopirnya kala itu.

Berdasarkan laporan Jerusalem Post seperti dilansir detikTravel, Jumat (22/7/2022), sopir tersebut mengaku tidak tahu menahu soal agama Gil Tamary. Saat itu Gil Tamary hanya menunjukkan gerak-gerik sempurna dan hanya berbicara dalam bahasa Inggris.

Sopir yang tak disebutkan namanya itu kini dilaporkan ditangkap oleh polisi Mekah. Kabar terbaru adalah fakta bahwa Gil Tamary adalah seorang wartawan yang memegang kewarganegaraan Amerika Serikat.

"Pelanggaran semacam ini dianggap sebagai kejahatan yang tidak akan bisa ditoleransi dan hukuman akan diberikan kepada pelaku sesuai dengan peraturan yang berlaku," kata juru bicara Arab Saudi.

Dalam kasus ini, polisi menekankan semua orang yang datang ke wilayah Arab Saudi harus menghormati hukum dan mematuhi persyaratan mereka. Apalagi, jika berkaitan dengan dua masjid suci dan tempat-tempat suci lainnya.

"Pelanggaran semacam ini dianggap sebagai kejahatan yang tidak akan ditoleransi dan sanksi akan diterapkan kepada pelakunya berdasarkan peraturan yang berlaku," kata kepolisian.



Simak Video "Polisi Riyadh Tangkap Pelaku Pelecehan Terhadap ATEEZ"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/tau)