Mahasiswi Ngaku Diberi Rp 100 Ribu Usai Dilecehkan Oknum Profesor UHO

Sulawesi Tenggara

Mahasiswi Ngaku Diberi Rp 100 Ribu Usai Dilecehkan Oknum Profesor UHO

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 20 Jul 2022 22:42 WIB
Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sultra.
Foto: Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sultra. (Nadhir Attamimi/detikSulsel)
Kendari -

Oknum dosen Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Profesor B dituding melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswi inisial R (20). Sang mahasiswi mengaku bahwa dia juga sempat ditawari uang Rp 100 ribu oleh Profesor B.

"Dia (Profesor B) menghampiri saya memberikan uang, katanya uang transportasi Rp 100 ribu," kata R kepada detikcom, Rabu (20/7/2022).

Korban mengungkapkan uang itu ditawarkan oleh Profesor B sebelum memeluk dan menciumnya pada Minggu (17/7) sekitar pukul 02.00 Wita. Dia mengatakan uang itu diberikan oknum dosen tersebut di teras rumah.


"Dosen ini sedang menelpon tapi entah siapa yang dia telepon. Setelah itu keluarlah dia ke teras dia menghampiri saya memberikan uang," ujarnya.

Semula korban menolak pemberian terduga pelaku tersebut. Namun Profesor B memaksa dengan alasan hendak mengganti uang transportasi korban sudah bersedia datang membantu melakukan rekapan nilai.

"Awalnya saya tolak karena saya bilang ada uang untuk pulang, tapi kata bapak itu ambil saja untuk uang transportasi maka saya terima," ungkapnya.

Setelah menerima uang tersebut, R pun kembali duduk di kursi teras rumah. Sepintas korban melihat raut wajah Profesor B dalam kondisi iba saat memandang R.

"Karena dia tahu sisi keluarga saya, saya anak yatim piatu. Dia mengatakan rasa iba kepada saya dan saya juga kaget setelah dia mengucapkan itu lalu memeluk saya dari depan karena saya sendiri di situ," ungkapnya.

Setelah memeluk korban, oknum dosen tersebut lalu melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap korban.

"Secara spontan dia membuka masker saya lalu melakukan pelecehan mencium saya (pipi dan jidat) saya," imbuh R.

Dugaan pelecehan seksual oknum dosen UHO itu dikatakan korban tidak berhenti di situ. Profesor B bahkan sampai mencium bibir korban saat menyetor rekapan nilai temannya di kediaman dosennya pada Senin (18/7).

"Pas waktu mau pulang saya jabat tangan, terus saya balik badan mau ke depan (keluar rumah) badan saya diputar menghadap dia lalu spontan, dia buka masker saya lalu mencium," tandasnya.

Ulah oknum dosen UHO Profesor B ini pun berakhir di meja di kepolisian. Keluarga R yang tidak terima lantas melapor ke polisi atas dugaan pelecehan seksual oleh oknum dosen tersebut.

*detikcom mengkonfirmasi Ketua Dewan Kode Etik dan Disiplin UHO Prof La Iru dengan datang langsung ke Kampus UHO hari ini. Namun yang bersangkutan belum memberikan tanggapan.



Simak Video "Khilaf Alasan Dosen A Cabuli Mahasiswi Unsri Saat Minta Tanda Tangan Skripsi"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/hmw)