Papua

Tim Investigasi Selidiki Penyebab Kecelakaan Pesawat di Keerom

Wilpret Siagian - detikSulsel
Kamis, 30 Jun 2022 09:55 WIB
Pesawat mendarat darurat di Keerom, Papua (Dok. Istimewa).
Foto: Pesawat mendarat darurat di Keerom, Papua (Dok. Istimewa).
Keerom -

Tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Polres Keerom menginvestigasi insiden Pesawat AMA PK-RCQ mendarat darurat di Kampung Molof, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Papua beberapa waktu lalu. Investigasi dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

"Tujuan investigasi hari ini adalah untuk mengetahui penyebab kecelakaan," ujar Kapolres Keerom AKBP Christian Aer kepada wartawan, Kamis (30/6/2022).

Investigasi tersebut dilakukan hari ini dengan menerjunkan Kepala Bandar Udara Senggih M. Syarif Hidayat sebagai ketua tim investigasi dan AKBP Christiam Aer bersama personel Polres Keerom lainnya. Christian menyebut timnya juga akan menghimpun data-data yang diperlukan sehingga penyebab kecelakaan bisa diketahui.


"Pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data secara sistematis dan obyektif penyebab kecelakaan transportasi," katanya.

Dia menjelaskan, tim gabungan saat ini sudah mengevakuasi beberapa komponen pesawat termasuk unit Emergency Locator Transmitter (ELT) yang masih memancarkan sinyal ke Local User Terminal (LUT) di Basarnas pusat Jakarta.

"Unit ELT yang dievakuasi tersebut kemudian diserahterimakan dari tim gabungan kepada KNKT di kantor AMA di Sentani guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," jelasnya.

Lebih lanjut Christian mengatakan karena kawasan tersebut masih merupakan wilayah hukum Polres Keerom sehingga menjadi tanggung jawab pihaknya dalam melakukan penjemputan, pendampingan dan, pengamanan baik di TKP sampai dengan pelaksanaan investigasi maupun pengumpulan data di lapangan.

"Sejak terjadi kecelakaan Polri telah melakukan bantuan seperti penyelamatan penumpang kemudian pengamanan guna menjamin keselamatan jiwa, raga, harta benda terkhusus material pesawat," ujarnya.

Peristiwa Kecelakaan Pesawat

Sebelumnya diberitakan sebuah pesawat Pilatus PK-RCQ milik maskapai AMA Air mendarat darurat di Keerom, Papua. Peristiwa ini terjadi di Kampung Molof, Distrik Senggi, sekitar pukul 13.00 WIT siang, Selasa (28/6) dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengungkapkan pesawat mendarat darurat karena menghadapi cuaca buruk dan kehabisan BBM.

"Kami mendapat laporan bahwa pesawat AMA yang dipiloti Kapten Caesar mendarat darurat akibat cuaca buruk dan kehabisan BBM," katanya.

Menurut Kamal, pesawat tersebut awalnya hendak terbang dengan rute Sentani menuju ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Namun cuaca buruk tiba-tiba melanda sehingga pesawat harus putar balik ke Bandara Senggi.

Sayangnya belum tiba di Bansara Senggi pesawat itu kekurangan BBM. Akibatnya pilot melakukan pendaratan darurat.

"Pesawat mengalami gangguan cuaca buruk sehingga melakukan putar balik ke arah Bandara Senggi, tetapi karena kekurangan BBM pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Jalan KM 37 PT. Batasan Dharma Timber Kampung Molof, Senggi, Kabupaten Keerom," kata Kamal.



Simak Video "Petugas Gabungan Dikerahkan ke Lokasi Pesawat Jatuh di Blora"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/asm)