Papua

Cuaca Buruk-BBM Habis, Pesawat Bawa 7 Orang Mendarat Darurat di Keerom Papua

Wilpret Siagian - detikSulsel
Selasa, 28 Jun 2022 21:40 WIB
Pesawat mendarat darurat di Keerom, Papua (Dok. Istimewa).
Foto: Pesawat mendarat darurat di Keerom, Papua (Dok. Istimewa).
Keerom -

Sebuah pesawat Pilatus PK-RCQ milik maskapai AMA Air mendarat darurat di Kabupaten Keerom, Papua. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal kepada wartawan, Selasa (28/6/2022) malam.

Peristiwa ini terjadi di Kampung Molof, Distrik Senggi, sekitar pukul 13.00 WIT siang tadi akibat cuaca buruk. Pesawat juga dilaporkan kehabisan BBM.


"Kami mendapat laporan bahwa pesawat AMA yang dipiloti Kapten Caesar mendarat darurat akibat cuaca buruk dan kehabisan BBM," katanya.

Kamal mengatakan setidaknya ada tujuh orang penumpang di atas pesawat. Jumlah tersebut sudah termasuk pilot.

Menurut Kamal, pesawat tersebut awalnya hendak terbang dengan rute Sentani menuju ke Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Namun cuaca buruk tiba-tiba melanda sehingga pesawat harus putar balik ke Bandara Senggi.

Sayangnya belum tiba di Bansara Senggi pesawat itu kekurangan BBM. Akibatnya pilot melakukan pendaratan darurat.

"Pesawat mengalami gangguan cuaca buruk sehingga melakukan putar balik ke arah Bandara Senggi, tetapi karena kekurangan BBM pesawat tersebut melakukan pendaratan darurat di Jalan KM 37 PT. Batasan Dharma Timber Kampung Molof, Senggi, Kabupaten Keerom," kata Kamal.

Kamal mengatakan ketujuh penumpang dalam pesawat berhasil dievakuasi dalam kondisi aman.

"Pilot dan keenam penumpang pesawat Pilatus itu sudah dalam kondisi aman dan sudah dievakuasi dari Bandara Senggi ke Bandara Sentani menggunakan pesawat lainnya.



Simak Video "Pesawat Citilink dari Banjarmasin-Jakarta Mendarat Darurat di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)