Sulawesi Barat

5 Dusun di Majene Terendam Banjir, Jalan Tertimbun Longsor

Abdy Febriady - detikSulsel
Sabtu, 25 Jun 2022 02:00 WIB
Banjir di Majene, Sulbar.
Foto: Banjir di Majene, Sulbar. (Abdy Febriady/detikcom)
Majene -

Permukiman warga pada lima dusun di Desa Mekkatta, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), terendam banjir. Kondisi ini turut menyebabkan terjadinya longsor yang menutup jalan.

Peristiwa ini terjadi akibat hujan deras yang terjadi padaJumat (24/6/2022). Di ketahui lima dusun yang terendam banjir, di antaranya Dusun Salubungu, Dusun Bawappu, Dusun Samalio Utara dan Dusun Alle-alle.

"Hujan jam satu siang, banjir sekitar (jam) setengah tiga," kata Kepala Desa Mekkatta Haeruddin kepada detikcom, Jumat malam (24/6).


Menurut Hasanuddin, terjangan banjir mengakibatkan ratusan warganya harus mengungsi ke tempat aman. Apalagi banjir yang melanda permukiman warga mencapai ketinggian satu meter.

"Mengungsi di rumah warga lain yang rumahnya aman," ungkapnya.

Hasanuddin menyebut, banjir turut merendam areal persawahan dan tambak. Bahkan ada dua jalan yang tidak bisa dilalui karena tertutup longsor.

"Ada termasuk persawahan, bahkan empang warga juga (terendam banjir). Ada dua titik lokasi akses jalan tani longsor tidak bisa dilalui," terangnya.

Meski banjir sudah mulai surut, Hasanuddin mengaku warga masih waspada. Lantaran kondisi cuaca masih buruk.

"Warga masih siaga, kalau hujan tinggi pasti warga kembali siaga, saat ini hujan reda tapi tidak meyakinkan, untuk ini (tidak terjadi banjir), masih gerimis," tutup Hasanuddin.



Simak Video "Hujan Deras, Sejumlah Titik di Tangsel dan Depok Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)