Berita Internasional

Umumkan Hiatus, RM Tegaskan BTS Tidak Bubar

Tim detikHot - detikSulsel
Kamis, 16 Jun 2022 14:44 WIB
BTS
Foto: Konsep foto BTS untuk album Proof (dok. Big Hit Music)
Jakarta -

BTS mengumumkan hiatus sebagai grup vokal pria asal Korea Selatan demi fokus membangun karir solo masing-masing member. Leader BTS, RM buka suara menegaskan grupnya hanya berhenti sementara, tetapi tidak membubarkan diri sebagaimana rumor yang beredar.

RM dalam pernyataannya yang dirilis melalui weverse mengaku telah dihubungi oleh orang-orang terdekatnya yang menanyakan rumor tersebut. Ia pun telah melihat tangkapan layar pemberitaan yang terkait berita pembubaran BTS.

"Banyak tangkapan layar dari artikel-artikel yang dibagikan kepadaku, menggunakan kata kunci di luar konteks seperti BTS bubar, menghentikan aktivitas grup, dan mengumumkan hiatus. Aku sudah tahu hal ini akan terjadi, dan sudah bersiap-siap juga. Tapi aku masih merasa sedih. Tapi ini juga bukannya aku berharap semua orang menonton video yang memperlihatkan kami menangis," tulis RM yang dilansir dari detikhot, Kamis (16/6/2022).


RM menambahkan bahwa konten video yang menjadi acuan rumor tersebut didedikasikan kepada para ARMY, yang setia menemani perjalanan BTS selama 9 tahun. Namun, hal tersebut dinilai berbeda oleh para non-ARMY.

"Siaran itu, sebuah bukti nyata berbentuk konten makan malam yang tidak biasa, yang ditayangkan pada tanggal 13 Juni yang bermakna, semata-mata dan sepenuhnya didedikasikan kepada ARMY yang mendukung kami selama sembilan tahun terakhir. Tentu para non-ARMY berpikir para member dan aku terlalu mendramatisir, tidak tahu terima kasih. Tapi kami dan ARMY berbagi segalanya dalam waktu satu dekade tanpa henti. Apa yang kami miliki sangat istimewa, tanpa diragukan," lanjutnya.

RM menegaskan dalam siaran tersebut tidak ada kata-kata bubar yang lontarkan oleh para member, termasuk dirinya. Sehingga pengumuman hiatus tersebut bukan akhir dari BTS sebagai grup.

"Kami menjelaskan sejelas-jelasnya kepada mereka yang menonton siaran tersebut bahwa ini bukan akhir dari kami, persis seperti apa yang disampaikan melalui lagu Yet to Come," tegas RM.

"Yang ingin aku klarifikasi saat ini adalah kami tidak mau bertele-tele tentang apa pun. Tak ada ucapan tersirat dalam siaran itu, kami benar-benar terbuka dan jujur tentang perasaan kami hingga akhirnya meneteskan air mata. Aku tidak pernah merasa ragu bahwa ARMY, yang tahu siapa kami sebenarnya, akan memahami semua dengan lapang dada. Kami bersungguh-sungguh dengan apa yang kami katakan dalam siaran tersebut apa adanya, tanpa ada pesan lain," tambahnya.

RM juga menyebut para member BTS terus mendiskusikan masa depan mereka bersama di berbagai kesempatan. Di akhir pernyataan, ia berterima kasih kepada fans dan publik yang menonton siaran tersebut dan berjanji akan melakukan yang terbaik sebagai individu dan tim.