Sulawesi Barat

Gempa M 4,6 Kembali Guncang Sulbar, Terasa Kuat di Majene

Andi Nur Isman - detikSulsel
Rabu, 08 Jun 2022 20:31 WIB
Info Gempa BMKG: Pusatnya di Pacitan, Terasa Sampai Yogya
Foto: Seismograf, alat perekam getaran gempa (Robby Bernardi/detikcom)
Majene -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,6 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar). Gempa ini merupakan susulan gempa Mamuju siang tadi.

Informasi gempa disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu (8/6/2022). Gempa terjadi pada pukul 20.48 Wita.

"Info Gempa Mag:4.6 SR," tulis BMKG dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (8/6).


Lokasi gempa berada di 47 km barat laut Majene, Sulbar dengan kedalaman 21 km. Titik koordinat gempa berada di 2.79 LS dan 118.55 BT.

"47 km Barat Laut Majene-Sulbar," kata BMKG.

Gempa diketahui sudah empat kali mengguncang Sulbar. Gempa pertama berkekuatan M 5,8 pukul 13.32 Wita, kemudian disusul gempa M 2,8 pukul 14.18 Wita, dan gempa M 2,9 pukul 16.50 Wita.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Mamuju, Sulbar membuka tiga titik pengungsian untuk warga pascagempa bumi magnitudo (M) 5,8. Lokasi pengungsian ini untuk mengantisipasi gempa susulan.

"Titik pengungsian yang satu di stadion, kantor bupati, dan jalur dua. Ada tiga tempat pengungsian yang agak besar, agak banyak yang mengungsi," ujar Wakil Bupati Mamuju Ado Mas'ud saat meninjau lokasi pengungsian di Stadion Manakarra, Rabu (8/6).

Ado mengaku belum bisa memastikan berapa jumlah warga yang mengungsi sampai saat ini. Termasuk sampai kapan warga diimbau untuk bertahan di lokasi pengungsian.

"Kita belum bisa pastikan sampai kapan, yang jelasnya kemungkinan besar malam mini puncaknya (pengungsi)," ungkap dia.



Simak Video "Trauma dan Takut Gempa Susulan, Ribuan Warga Mamuju Ngungsi"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)