Sulawesi Utara

Cerita Ortu Cari Pinjaman Rp 14 Juta Usai Gadis Bitung Lulus FK Unsrat

Trisno Mais - detikSulsel
Senin, 30 Mei 2022 19:50 WIB
Unggahan viral calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsrat.
Foto: Unggahan viral calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsrat. (dok. istimewa)
Bitung -

Marthen Mulalinda, turut menanggapi kisah putrinya, Marselinda Morensia Mulalinda lulus SNMPTN di Fakultas Kedokteran (FK) Unsrat, Manado namun terhambat karena faktor tak ada biaya. Marthen mengaku sempat mencari pinjaman Rp 14 juta demi tidak mengecewakan putrinya yang sudah berjuang lulus.

"Keluarga cari uang untuk bayar (UKT) 1 semester punya Rp 14 juta. Dapat baru sedikit," kata Marthen kepada detikcom, Senin (30/5/2022).

Marthen sebenarnya tidak diberi tahu oleh putrinya telah mendaftar SNMPTN di FK Unsrat. Marthen juga sebelumnya telah meminta kepada putrinya untuk mendaftar PNS dan tidak perlu lanjut kuliah.

"Dulu itu saya mau dia ikut PNS, kan itu SMA juga bisa. Sampai SMA cukup, karena biaya," ujar Marthen.


Namun rupanya tekad Marselinda kuliah kedokteran cukup kuat dan dia akhirnya lulus. Namun yang menjadi masalah adalah Marthen selaku orang tua tidak memiliki biaya.

Marthen mengenang putrinya sempat menangis mengetahui dirinya gagal mendapat pinjaman. Kemudian tiba-tiba Marthen menerima kabar kisah putrinya viral di media sosial.

"Waktu itu sebelum dia buat ke Facebook, saya sudah mencari pinjaman uang. Tapi mereka (calon pemberi pinjaman) bilang tunggu dulu, nanti tanggal muda pas gajian," kenang Marthen.

"Moren menangis dalam kamar. Tiba-tiba dengar dia sudah posting di FB, ternyata terjadi seperti ini," lanjut dia.

Hingga kini Marthen masih belum mendapatkan biaya untuk membayar uang kuliah tunggal (UKT) untuk putrinya. Namun sejumlah pihak sudah menjanjikan akan membantu Marthen dan putrinya itu.

"Sampai sekarang belum cukup, itu baru mau cari-cari," katanya.



Simak Video "Viral Aksi Wisudawan Unsrat Manado Ungkap Banyak Pungli di Kampus"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)