Sulawesi Utara

Alasan Marselinda Nekat Tes FK Unsrat Meski Tak Ada Biaya: Dokter Dibutuhkan

Trisno Mais - detikSulsel
Senin, 30 Mei 2022 19:18 WIB
Marselinda Morensia Mulalinda, siswa yang lulus di Fakultas Kedokteran, Unsrat melalui SNMPTN tapi ekonomi orang tua tidak mampu (detikcom/Trisno Mais)
Foto: Marselinda Morensia Mulalinda, siswa yang lulus di Fakultas Kedokteran, Unsrat melalui SNMPTN tapi ekonomi orang tua tidak mampu (detikcom/Trisno Mais)
Bitung -

Gadis asal Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), Marselinda Morensia Mulalinda turut buka suara terkait kisahnya yang viral lulus Fakultas Kedokteran (FK) Unsrat, Manado tapi orang tua (ortu) tak mempunyai biaya. Marselinda atau Moren mengaku nekat karena masa depan jurusan Kedokteran menjanjikan.

"Pertama kedokteran kan menjanjikan, karena banyak sangat dibutuhkan di Indonesia maupun dunia. Jadi memang nekat sekali mau masuk dokter. Soalnya banyak yang sekolah tinggi-tinggi tapi pengangguran dan lain sebagainya," ujar Moren saat berbincang dengan detikcom, Senin (30/5/2022).

Moren menjelaskan dia memposting kondisinya di media sosial karena selama ini sudah berusaha mencari jalan dengan menemui pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Bitung. Disdik kemudian meminta Moren menemui Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.


"Pertama kan ke Kepala Dinas Pendidikan, tapi Kadis bilang pigi (pergi) ke Wali Kota. Sedangkan jadwal Wali Kota itu padat, sedangkan torang (kami) sebagai warga biasa itu susah sekali mo baku dapat kak (sulit bertemu dengan Wali Kota). Jadi banyak yang saran coba posting di sosmed. Jadi ada ikut saran," kata Moren.

Tak disangka curahan hati Moren di media sosialnya mendapat banyak tanggapan alias viral. Moren mengaku tak sedikit orang yang menudingnya mengemis namundia enggan mengambil hati tudingan itu.

"Ada yang telepon langsung kenapa posting begitu, mengemis. Ada juga yang bilang sudah tahu susah kenapa mau jadi dokter. Tapi tidak buat Moren patah semangat. Tetap mau maju," katanya.

Kini usaha Moren mulai membuahkan hasil. Sejumlah pihak diklaim berusaha membantu kondisi gadis berprestasi itu.

"Banyak sekali, ada dari Provinsi, Pemerintah Kota, dari pejabat-pejabat. Itu banyak. Moren berterima kasih atas dukungan, support," katanya.

Marselinda Siswa Berprestasi- Sekolah di SMA Favorit Pakai Beasiswa

Moren merupakan seorang siswa SMA Lokon St. Nikolaus alias merupakan sekolah berstatus favorit di Kota Tomohon, Sulut. Namun perlu diketahui sekolah Moren selama ini dibiayai penuh oleh beasiswa Pemkot Bitung.

SMA Lokon St. Nikolaus merupakan sekolah menengah swasta berasrama di pusat Kota Tomohon. Di sekolah ini Moren mendapatkan sejumlah fasilitas gratis seperti perlengkapan sekolah dan konsumsi.

"Belajar di sekolah, ikut club sains, ekskul, dapat buku2 pelajaran, perlengkapan seragam, sepatu. Tinggal di asrama: makan pagi, snack pagi makan siang, snack sore, makan malam. Laundry free," tutur Kepala SMA Lokon Stephanus Ignatius Poluan kepada detikcom, Senin (30/5).

Moren juga mendapatkan pendampingan karakter di sekolah favorit. Termasuk sejumlah fasilitas perpustakaan dan olahraga.

"Pendampingan guru di sekolah, pendampingan karakter di asrama oleh pamong2 asrama. Free menggunakan fasilitas-fasilitas sekolah yang ada: perpustakaan, laboratorium, fasilitas olahraga, kolam renang, sport hall, dll," sebutnya.

Moren juga merupakan siswi berprestasi di sekolahnya. Dia bahkan merupakan siswa nomor 1 terbaik di sekolah favorit.

"Marselinda adalah siswa terbaik, karena dia peringkat 1," katanya.

Sementara untuk prestasi Moren yang paling teranyar adalah menjadi siswa terbaik saat ujian akhir.

"Lalu hasil terakhir di pelaksanaan ujian akhir, Moren ini dia juga menjadi yang terbaik. Sehingga di acara penamatan kami memberikan piagam penghargaan karena prestasi akademiknya yang luar biasa," katanya.

Semasa sekolah Moren juga aktif di kelompok olimpiade sains mata pelajaran Geografi. Dia adalah peraih medali emas dan perak saat Universitas Gajah Mada (UGM) membuat lomba mata pelajaran Geografi 2021 lalu.

"Dia dapat medali emas dan perak," katanya.



Simak Video "Viral Aksi Wisudawan Unsrat Manado Ungkap Banyak Pungli di Kampus"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)