Sungai Meluap di Gowa Membuat Jembatan Lemoa Rusak Diterjang Banjir

Muh Ishak Agus - detikSulsel
Kamis, 26 Mei 2022 17:57 WIB
Jembatan rusak di Gowa akibat sungai meluap. (Dok. Istimewa)
Foto: Jembatan rusak di Gowa akibat sungai meluap. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Sungai meluap menyebabkan jembatan Lemoa di Desa Patallikang, Kecamatan Manuju, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) rusak. Arus deras air membuat besi pembatas jembatan patah dan dibawa arus.

"Tinggi air tadi naik di jembatan saat hujan deras. Sampai-sampai hilang itu besi pembatas," kata Ikhwana, seorang warga setempat saat dimintai konfirmasi, Kamis (26/5/2022).

Hujan deras terus mengguyur Desa Patallikang sejak siang tadi sekitar pukul 14.00 Wita. Setelah sekitar pukul 16.00 Wita, air sudah meluap ke atas jembatan.


Ikhwana mengaku tidak bisa memperkirakan ketinggian air yang naik di jembatan itu. Namun dia memastikan arusnya membahayakan warga sekitar.

"Bayangkan saja itu (ketinggian air) yang sampai penghalang besi (di jembatan). Jelas mi tidak ada yang mau melintas saat naik air di jembatan," jelasnya.

Kemudian berselang satu jam kemudian, air di jembatan itu mulai surut. Setelah itu ditemukan kondisi jembatan yang memprihatinkan di bagian penghalang besi yang hilang disapu banjir.

"Sekarang surut mi sekitar jam lima sore. Barusan saya melintas dan itu penghalang besinya rusak. Hilang sebagian dan tersisa banyak ranting pohon," jelasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari pemerintah terkait dan aparat kepolisian setempat atas peristiwa ini. Namun jembatan tersebut kini sudah bisa dilintasi warga.



Simak Video "Diguyur Hujan Lebat, Rusia Dilanda Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)