Jalan Poros Gowa-Sinjai Diterjang Longsor, Akses Terputus

Agung Pramono - detikSulsel
Kamis, 26 Mei 2022 15:30 WIB
Longsor menyebabkan Jalan Poros Gowa menuju Sinjai di Kecamatan Tombolopao terputus (Dok. Istimewa)
Foto: Longsor menyebabkan Jalan Poros Gowa menuju Sinjai di Kecamatan Tombolopao terputus (Dok. Istimewa)
Gowa -

Bencana longsor di Jalan Poros penghubung Kabupaten Gowa dan Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel) menyebabkan akses kendaraan roda empat terputus. Warga setempat kini berupaya membersihkan material longsor agar akses kembali normal.

"Longsor terjadi di wilayah Gowa. Untuk wilayah Sinjai tidak ada masalah. Informasi awal yang kami terima jalan poros tertutup, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua," kata Kepala BPBD Sinjai Budiaman kepada detikSulsel Kamis (26/5/2022).

Peristiwa longsor tepatnya terjadi di Desa Mamampang, Tombolopao, Gowa, pada Rabu (25/5). Bhabinkamtibmas Desa Mamampang Bripka Fatruddin mengatakan longsor disebabkan hujan deras sepanjang malam.


"Selama beberapa hari terakhir curah hujan di Tombolopao memiliki intensitas yang cukup tinggi mengakibatkan area longsor yang berada di ketinggian atau perbukitan longsor yang menutupi badan jalan," ucapnya.


Fatruddin mengatakan kejadian diperkirakan pada pukul 16.30 Wita dan tidak ada korban jiwa. Saat ini masyarakat setempat dibantu dari TNI Polri sementara melakukan pembersihan material tanah yang berada di badan jalan menggunakan alat seadanya.

"Roda empat belum bisa lewat akibat batu besar menutupi badan jalan. Dibutuhkan alat berat untuk membersihkan material longsor di jalan," jelasnya.



Simak Video "Aksi Brutal Geng Motor di Gowa, 1 Pemuda Terkena Busur"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)