Viral Mahasiswi Universitas Atmajaya Makassar Hina Dekan Dengan Ucapan Rasis

Muh Ishak Agus - detikSulsel
Senin, 23 Mei 2022 23:44 WIB
Poster
Ilustrasi media sosial (Foto: Edi Wahyono)
Makassar -

Viral di media sosial oknum mahasiswi Universitas Atmajaya Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berinisial SA menghina dekannya dengan ucapan rasis. Pihak kampus turun tangan mengusut ulah SA.

Kasus berawal saat Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Makassar berinisial FE sedang mengajar SA dan rekan-rekannya secara online. SA kemudian melakukan tangkap layar (capture) saat FE mengajar.

SA lantas mem-posting tangkapan layar wajah dekannya itu ke media sosial dan membuat narasi "monyet". Salah satu rekan sekelas SA yang melihat story itu langsung meng-capture dan disebar ke media sosial hingga viral.


Fakultas Ekonomi Atmajaya Turun Tangan, SA Dipanggil Menghadap

Fakultas Ekonomi Atmajaya saat ini sedang turun tangan mengusut kasus tersebut. SA selaku pemilik story dipanggil ke kampus.

"Tadi kami sudah lakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan dan yang bersangkutan didampingi mamanya memberikan klarifikasi mengenai apa yang terjadi," ujar Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Atmajaya Makassar Ana Mardiana kepada detikSulsel, Senin (23/5/2022).

Setelah dilakukan, pihak kampus langsung mengambil keputusan. SA kini diproses kode etik kemahasiswaan.

"Karena ada di pasalnya tersebut mengenai pelanggaran pencemaran nama baik dan hukumannya maksimal dikeluarkan," kata Ana Mardiana.

Kini pihak Fakultas Ekonomi bakal menunggu hasil proses kode etik kemahasiswaan yang kewenangannya berada di pihak Universitas. SA dipecat atau tidak bergantung pada hasil sidang kode etik.

"Semua keputusan itu berada di tangan universitas dalam hal ini rektor. Saya mewakili pimpinan fakultas tidak bisa mengambil keputusan itu. Karena sanksi-sanksi mengenai mahasiswa harus melalui sidang kode etik kemahasiswaan," katanya.



Simak Video "PSM Makassar Curhat di Podcast Detik-detik Launching detikSulsel"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)