Atlet Sulsel Boyong 7 Medali Emas dari Sea Games 2021 Vietnam

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Minggu, 22 Mei 2022 18:00 WIB
Atlet Sulsel boyong mendali emas dari Sea Games Vietnam. (dok. Pemprov Sulsel)
Foto: Atlet Sulsel boyong mendali emas dari Sea Games Vietnam. (dok. Pemprov Sulsel)
Makassar -

Sejumlah atlet asal Sulawesi Selatan (Sulsel) membawa pulang 7 medali emas dari ajang olahraga SEA Games 2021 di Vietnam. Medali ini diperoleh dari berbagai cabang olahraga.

"Alhamdulillah, sejumlah atlet dari Sulsel memberikan sejumlah medali yang dipersembahkan untuk Indonesia pada event olahraga SEA Games 2021 di Vietnam," ujar Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dalam keterangan resminya pada Sabtu (22/5/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan pihaknya sementara mempersiapkan bonus bagi para atlet peraih medali tersebut. Namun, bonus tersebut akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan Sea Games berakhir.


"Dispora Sulsel sementara mempersiapkan usulan bonus bagi atlet peraih medali pada ajang SEA Games Vietnam. Akan tetapi, bonus akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan SEA Games," jelasnya.

Berikut rincian raihan medali Sea Games 2021 di Vietnam oleh atlet asal Sulawesi Selatan dari berbagai cabang olahraga:

1. Cabang Olahraga Dayung

Pada cabang olahraga ini ada tiga atlet yang mampu menyabet medali pada Sea Games 2021 di Vietnam. Antara lain Sulfianto dengan 2 medali emas, Anwar Tarra 1 medali emas, dan Nurtang meraih 1 medali perak.

Sulfianto diketahui berhasil meraih medali emas pada nomor rowing atau dayung men's quadruple sculls, bersama La Memo, Edwini Ginanjar, dan Rifqi Harits Taufiqurrahman. Ia juga menjadi yang terbaik pada nomor lightweight mens double sculls bersama La Memo.

Selain Sulfianto, Anwar Tarra juga sukses meraih medali emas setelah tim dayung Indonesia menjadi yang tercepat di nomor Kano Empat Putra 500 meter. Sementara Nurtang meraih 1 medali perak untuk kelas empat pedayung rowing atau lightweight women's quadruples scull 2.000.

2. Cabang Olahraga Karate

Atlet asal Sulawesi Selatan juga sukses menyabet medali di cabang olahraga Karate. Mereka adalah Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana, Albiadi dan Krisda Putri.

Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana dan Albiadi berhasil meraih medali emas pada nomor kata Beregu Putra. Sementara Krisda Putri meraih medali perunggu pada kata perseorangan putri.

3. Cabang Olahraga Futsal

Atlet asal Sulawesi Selatan, Ardiansyah Nur meraih medali perak setelah berhasil memimpin Timnas Futsal Indonesia keluar sebagai runner-up pada Sea Games 2022 di Vietnam. Medali perak ini diraih setelah Indonesia mengumpulkan 9 poin dari empat pertandingan dilakoni.

Ini merupakan medali perak pertama Timnas Futsal Indonesia di ajang Sea Games. Tercatat, pada SEA Games 2007, 2011, dan 2013, Timnas Futsal Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu.

4. Cabang Olahraga Takraw

Pada cabang olahraga Takraw atlet Sulsel sukses memborong 7 medali. Mereka adalah Muhammad Hardiansyah Muliang dengan 3 medali, Rusdi 2 medali dan Andi Tri Sandi Putra 2 medali.

Muhammad Hardiansyah Muliang sukses membawa pulang medali emas setelah mengalahkan Malaysia di nomor double putra. Selain itu dia juga menyabet 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

Sementara Rusdi mampu meraih 1 medali emas dan 1 medali perak, dan Andi Tri Sandi Putra menyumbang 1 medali perak dan 1 medali perunggu.

5. Cabang Olahraga Angkat Besi

Cabang olahraga angkat besi juga sukses menyumbang medali emas pada ajang Sea Games 2021 di Vietnam. Perolehan emas ini berasal dari atlet asal Sulawesi Selatan, Rahmat Erwin Abdullah.

Rahmat Erwin Abdullah sukses menyabet medali emas di kelas 73 kg putra. Dia tampil luar biasa dengan mengangkat beban snatch 155 kg pada angkatan ketiga.



Simak Video "Sejumlah Atlet Terpapar Covid-19, ASEAN Paragames Jalan Terus"
[Gambas:Video 20detik]
(nvl/nvl)