Sulawesi Barat

Hari Pertama Jabat Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik Sowan ke Forkopimda

Abdy Febriady - detikSulsel
Rabu, 18 Mei 2022 23:49 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik sowan ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik tiba di Mamuju. Foto: (dok. istimewa)
Mamuju -

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik sowan ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Dirjen Otda Kemendagri ini meminta arahan Forkopimda di hari pertamanya bekerja.

"Mengapa saya langsung ingin bertemu dengan mitra strategis saya, karena keberhasilan penyelenggaraan (pemerintahan) itu tergantung kepada aktor di baliknya," kata Akmal kepada wartawan, Rabu (18/5/2022).

Akmal memulai hari pertama bekerja sebagai Pj Gubernur Sulbar, setelah tiba di Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Rabu (18/5). Kedatangan Akmal disambut dengan pengalungan sarung Sutra Mandar oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris.


Kunjungan tersebut diawali dengan melakukan pertemuan dengan unsur pimpinan DPRD Sulbar, kemudian berlanjut ke Polda Sulbar, Kejaksaan Tinggi Sulbar, dan berakhir di Korem 142 Taroada-tarogau.

Dia menyampaikan kehadirannya di Sulbar untuk melaksanakan tugas dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengisi kekosongan jabatan. Akmal mengaku akan melanjutkan program kerja gubernur sebelumnya yang dianggap baik.

"Tugas kami melaksanakan arahan Presiden. Kita hanya akan melanjutkan hal-hal bagus yang sudah dilakukan teman-teman penyelenggara sebelumnya," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Akmal juga menyampaikan peran penting data dalam pembangunan daerah. Untuk itu, ia berharap dukungan dari semua pihak.

"Kita ingin menyinkronkan data desa, data kabupaten, sehingga pembangunan bisa terbangun dengan baik. Kita ingin menjadikan Sulbar sebagai percontohan, tempat pilot project data dasar penyelenggaraan daerah dengan data desa yang presisi," pungkasnya.

Diketahui, Akmal Malik dilantik menjadi Pj Gubernur Sulbar, di Ruang Sasana Bhakti Praja (SBP) Gedung C Lantai 3 Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (12/5) lalu.



Simak Video "Trauma dan Takut Gempa Susulan, Ribuan Warga Mamuju Ngungsi"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/tau)