Warga Rampi Gotong Royong Perbaiki Jalan Setapak 36 Km Hubungkan Lutra-Poso

Arzad - detikSulsel
Senin, 09 Mei 2022 21:55 WIB
Warga Kecamatan Rampi di Lutra, Sulsel gotong royong memperbaiki jalan setapak sepanjang 36 kilometer yang terhubung ke Poso, Sulteng.
Warga Kecamatan Rampi di Lutra, Sulsel gotong royong memperbaiki jalan setapak sepanjang 36 kilometer yang terhubung ke Poso, Sulteng. Foto: (dok. istimewa)
Luwu Utara -

Warga di Kecamatan Rampi, Kabupaten Luwu Utara (Lutra), Sulawesi Selatan (Sulsel) gotong royong memperbaiki jalan setapak sepanjang 36 kilometer. Jalan tersebut menghubungkan Lutra ke Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Jalur menuju Rampi-Lore Selatan (Poso), Sulawesi tengah itu yang baru-baru masyarakat gotong royong menggunakan alat manual," kata salah seorang warga, Simon saat dikonfirmasi detikSulsel, Senin (9/5/2022).

Simon menjelaskan warga memperbaiki ruas jalan tersebut karena lebih dekat menuju daerah perkotaan. Sementara kondisi jalan terbilang rapat dan masih dipenuhi pepohonan.


"Lebih dekat sebenarnya, kalau Rampi ke Lore Selatan itu ketimbang Luwu Utara (kota) yang jaraknya kurang lebih 80 kilo meter," sebutnya.

Jalan ini juga disebut menjadi salah satu alternatif untuk memasok kebutuhan pokok. Rumah ibadah bagi warga yang non Muslim juga terhitung lebih dekat menuju ke Poso ketimbang kota Lutra.

"kami bisa belanja kebutuhan pokok keluarga dan kebanyakan masyarakat di sini ketika hari Minggu ikut melakukan ibadah di Gereja Kristen Sulawesi Tengah," ucapnya.

Simon mengaku warga sudah pernah mengeluhkan kondisi jalan yang kurang memadai tersebut. Mereka bahkan telah berkunjung ke Kantor Bupati Lutra untuk menyampaikan keluhan masyarakat Rampi.

"Kami pernah bertemu langsung dengan Bupati Luwu Utara untuk menyampaikan problem ketimpangan yang ada di daerah kami yaitu kecamatan Rampi. Sampai sekarang pihak Pemerintah Kabupaten Luwu Utara hanya bisa memberikan janji-janji tanpa adanya realisasi perbaikan jalan ke Rampi," keluhnya.

Untuk diketahui, kegiatan gotong royong warga memperbaiki jalan setapak itu dilaksanakan masyarakat mulai Senin (2/5) hingga Jumat (6/5).

"Lima hari lamanya berkat kerja sama Jemaat Klasis Rampi, Sinode GKST Sulawesi Tengah, dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Rampi, Luwu Utara," pungkasnya.



Simak Video "DPRD Bersurat ke RK Minta Segera Tangani Jalan Rusak di Cianjur Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)