Polisi Belum Izinkan Pemkot Makassar Gelar Balapan di Pettarani, Masih Dikaji

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Sabtu, 16 Apr 2022 19:53 WIB
Gedung Polrestabes Makassar, Sulsel
Foto: Hermawan M-detikcom
Makassar -

Kapolrestabes Makassar Kombes Budi Haryanto turut buka suara terkait balapan resmi Pemkot Makassar di Jalan AP Pettarani yang diundur karena belum ada izin kepolisian. Dia mengatakan pihaknya belum memberikan izin karena masih melakukan kajian.

"Masih dikaji," kata Kombes Budi Haryanto saat dimintai konfirmasi detikSulsel, Sabtu (16/4/2022).

Budi mengatakan, memberi wadah ke para pembalap liar Makassar dengan balapan resmi memang baik untuk menyalurkan bakat. Namun dia menegaskan kajian aturan lalu lintas juga penting karena pihaknya ingin mengutamakan keselamatan andai balapan itu benar-benar digelar.


"Untuk menyalurkan bakat anak-anak yang suka balap liar kita wadahi satu tempat yang mengutamakan keselamatan namun aturan harus kita kaji," kata Kombes Budi.

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda mengatakan perlu tahapan-tahapan agar kepolisian bisa memberikan izin. Salah satunya adalah tahapan pembinaan.

"Sebenarnya melakukan pembinaan terhadap mereka penghobi balapan itu perlu tahapan-tahapan," kata Zulanda dalam wawancara terpisah.

Zulanda mengatakan, tahapan pertama adalah klub-klub motor sebaiknya mengajak para pelaku balapan liar bergabung dalam klub motor sesuai kendaraan yang mereka miliki sehingga bisa memiliki kesamaan ide dan rasa yang sama. Kedua, Zulanda berharap para pembalap adalah mereka yang memiliki keandalan dalam memacu kendaraan.

"Di sini adek-adek tersebut perlu diedukasi teknik yang tepat sehingga dalam memacu kendaraan mereka tidak salah cara yang dapat mengakibatkan kecelakaan baginya dan orang lain," katanya.

Sementara untuk tahap yang ketiga, sarana yang digunakan untuk balapan seharusnya tidak mengganggu pengguna jalan lain alias harus ada sirkuit. Tahapan selanjutnya adalah menggelar lomba-lomba sebagai pemacu motivasi atau ajang mencari prestasi di bidang otomotif.

"Kita tidak boleh sembarangan memberikan ruang perlombaan padahal mereka belum dibina dilatih terlebih dahulu untuk siap menjadi pemacu yang andal dan berkeselamatan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, balapan resmi yang akan digelar Pemkot Makassar di Jalan AP Pettarani mulai malam ini dipastikan diundur. Izin dari pihak kepolisian belum terbit.

"Tidak (jadi). Kemungkinan besar diundur. Semalam komunikasi jadi opsinya langsung dua seri," ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Makassar Andi Pattiware kepada detikSulsel, Sabtu (16/4).

Pattiware menuturkan komunikasi dengan pihak kepolisian sebenarnya terus dilakukan namun hingga saat ini izin belum diberikan. Sehingga untuk opsi pelaksanaan balapan akan dirapatkan lagi.

"Nanti keluar izin baru kita rapatkan lagi dengan panitia. Sabtu-Minggu rencana kalau sudah ada izin, akan dirapatkan lagi," jelasnya.



Simak Video "Kelewat Nekat, ABG Parepare Gelar Balap Liar Dekat Polres"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/tau)