Alternatif Lokasi Balapan Pemkot Makassar Jika BBPJN Tak Izinkan di Pettarani

Ibnu Munsir - detikSulsel
Jumat, 15 Apr 2022 08:30 WIB
Kantor Wali Kota Makassar Sulsel
Foto: Pemkot Makassar bakal menggelar balapan di Jalan AP Pettarani. (Noval Dhwinuari Antony-detikcom)
Makassar -

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyiapkan alternatif lokasi balapan motor jika izin penggunaan Jalan AP Pettarani tak disetujui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XIII Makassar. Setidaknya ada 2 ruas jalan di Makassar yang disiapkan sebagai alternatif lokasi balapan

"Saya memikirkan 2 tempat, (Jalan) Tanjung Bunga sama (Jalan) Leimena. Tapi Leimena (ruas jalan yang ditangani) pusat juga itu. Saya belum pasti dan jalan apa namanya sekarang ada berkembang di Parangloe," kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto saat dimintai konfirmasi, Kamis (15/4/2022).

Danny mengatakan pemilihan Jalan AP Pettarani sebelumnya atas rekomendasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel. Danny menyebut ruas jalan itu bukan pilihannya.


"Saya kan dari awal tidak pernah memikirkan (Jalan) Pettarani (sebagai lokasi balap)," lanjut dia.

Kendati begitu pihaknya sudah mengajukan izin penggunaan Jalan Pettarani ke BBPJN sebagai wadah balapan resmi untuk pembalap liar. Dirinya sisa menunggu apakah ditolak atau diberi izin.

"Kalau kita berusaha, tapi akhirnya jika tidak dapat izin, tidak masalah. Yang penting teman-teman mau tahu begitu tulusnya pemerintah kota mau memperjuangkan teman-teman agar jangan balap liar," papar Danny.

Selain BBPJN, dirinya juga mengaku pihaknya mesti mengajukan izin ke kepolisian. Rencana balapan liar yang bakal digelar pekan ini sangat tergantung dari izin lokasi sebagai tempat balap.

"Tentu yang pertama harus ada izin dari kepolisian. Kalau ada izin (balai) jalan, itu relatif, kalau tidak dikasih di jalan balai, ya kita ambil di jalan kota. Karena inikan saya bukan mau balap, yang ini penyaluran," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar Andi Pattiware belum mau berspekulasi bahwa BBPJN tidak memberi izin penggunaan Jalan AP Pettarani. Dia mengatakan pihaknya masih terus melakukan berbagai pertimbangan dengan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Pastinya kan kita mau minta dulu pertimbangan sama yang lain bagaimana, IMI juga," tutur Pattiware.

Andi menegaskan pihaknya masih menunggu balasan BBPJN Wilayah XIII Makassar. Surat izin penggunaan Jalan AP Pettarani sudah dikirim ke BBPJN.

"Sudah diajukan langsung suratnya (ke BBPJN)," sambung dia.

Jalan Pettarani Tidak Disarankan Jadi Lokasi Balap

Kepala Dispora Kota Makassar Andi Pattiware mengaku kepolisian menyarankan agar pelaksanaan balapan bukan di Jalan AP Pettarani. Pihaknya pun akan mengkoordinasikan kembali terkait lokasi balapan ini.

"Cuma Ditlantas kasih saran, sekiranya jangan di (Jalan) Pettarani. Ya kita laporkan ke Pak Wali. Pak wali kan memang pada dasarnya bukan itu yang direkomendasi. Cuma IMI sesuai bidangnya yang menunjuk itu," papar Pattiware.


Dia mengemukakan, Jalan AP Pettarani disarankan tidak digunakan sebagai lokasi balap dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya ruas jalan nasional akan dijadikan percontohan jalan tertib lalu lintas.

"Di situkan jalan nasional, terus ke depannya mereka mau jadikan itu jalan tertib lalu lintas. Selain itu takutnya juga nanti akan menjadi satu alasan nanti orang bikin terus di situ," pungkasnya.



Simak Video "Kelewat Nekat, ABG Parepare Gelar Balap Liar Dekat Polres"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/hmw)