Tuntutan Nyeleneh Mahasiswa Sulsel Saat Demo, Ada Minta Matikan Mantan

Arzad, Muh Ishak Agus - detikSulsel
Selasa, 12 Apr 2022 08:00 WIB
Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.
Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.
Makassar -

Tuntutan nyeleneh mewarnai aksi demo 11 April massa mahasiswa di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Dalam aksinya, mereka menyampaikan aspirasi dalam bentuk spanduk bertuliskan coretan-coretan lucu, mulai dari bahas keadilan hingga tuntut matikan mantan.

Diketahui aksi demo 11 April mahasiswa ini bagian dari seruan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus pun turun melakukan unjuk rasa.

Dalam aksinya massa mahasiswa membawa sejumlah tuntutan terkait kondisi sosial, ekonomi, hingga pemerintahan di Indonesia. Selain itu menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden atau presiden 3 periode.


"Kita menolak wacana tiga periode. Kita juga minta harga minyak goreng yang mahal ini jadi perhatian pemerintah," ungkap salah satu orator aksi dalam unjuk rasa di depan kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) di Kota Makassar, Senin siang (11/4/2022).

Dalam aksi itu, tampak sejumlah mahasiswa yang ikut aksi membentangkan spanduk berisi tuntutan. Salah satunya bertuliskan "Cukup 2 Periode Bestie #Sessajaki#.

Sejumlah spanduk bertuliskan pesan lucu dan menohok lainnya juga mewarnai aksi demo 11 April pada sejumlah titik di wilayah Sulsel. Berikut sejumlah foto yang berhasil direkam detikSulsel yang menampilkan pesan yang masih relevan dengan tuntutan demonstran:

1. Mahasiswa Minta Keadilan, Bukan Mantan

Pesan ini disampaikan lewat coretan di atas kertas yang disampaikan satu peserta aksi demo di Makassar. Seorang mahasiswa bertopi dengan percaya diri menetengnya menjadi bagian aspirasi yang disuarakan dalam demo mahasiswa.

Tulisan nyeleneh namun menohok ini dibentangkan dalam aksi unjuk rasa di depan kampus Unhas Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (11/4). "Jangan Matikan Keadilan, Matikan Sama Mantanku," demikian tulisan di atas kertas itu.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (Muh Ishak/detikSulsel)

2. Cinta Jalan Terus, Tolak Jabatan 3 Periode

Pesan ini terkesan lucu, namun relevan dengan salah satu tuntutan dalam aksi demo 11 April mahasiswa di Makassar. Massa aksi dalam tuntutannya menolak masa jabatan presiden 3 periode.

"Cukup Tolak 3 Periode, Jangan Tolak Cintaku," begitu pesan yang dituliskan di atas. Pesan yang dibawa seorang mahasiswa dalam aksi demo di Makassar, Senin (11/4).

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (Muh Ishak/detikSulsel)

3. Harga Minyak Mahal Vs Kekuatan Orang Dalam

Dua mahasiswa membawa spanduk berukuran kecil yang dicat merah. Seorang mahasiswa membawa spanduk bertuliskan "Harga Minyak Kayak Harga Mi-Chat Mahal", seorang lagi membawa pesan bertuliskan, "Orang Dalam Yang Maha Esa."

Pesan ini disampaikan peserta aksi massa di Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Senin (11/4). Namun menjadi bagian aspirasi mahasiswa yang disampaikan dengan gaya nyeleneh.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (Muh Ishak/detikSulsel)

4. Ibu Kesal Minyak Mahal-Anak Minta Kuliah di Jalan

Aksi demo mahasiswa di Kota Makassar diwarnai dengan penyaluran aspirasi yang unik. Kali ini coretan berisi pesan lucu disampaikan lewat kertas yang berisi kegelisahan akan kebijakan pemerintah saat ini.

Salah satunya kenaikan harga minyak disampaikan lewat pesan, "Minyak Mahal Ibu-ibu Kesal". Seorang yang lain bak menyampaikan keinginannya lewat tulisan, "Ayah-Bunda Ijinkan Kami Kuliah di Jalan", adapula coretan bertuliskan, "Presiden Mahasiswa Kami saja 1 Periode, Masa Jokowi III".

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (Muh Ishak/detikSulsel)

5. Cukup Lamaran yang Ditunda, Pemilu Jangan

Penyampaian aspirasi dengan gaya unik ini hadir dalam aksi demo 11 April di Kota Palopo Sulsel, Senin (11/4). "Cukup Lamaranku yang Ditunda, Pemilu Jangan," begitu pesan yang tertulis.

Pesan ini berkaitan dengan salah tuntutan massa aksi yang menolak pelaksanaan pemilu ditunda. Namun disampaikan dengan gaya lucu.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (dok. Istimewa)

6. Marah, Terselip Aspirasi Sahkan RUU PKS!

Pesan serius ini ditulis dalam sebuah payung berwarna hitam yang dibawa seseorang dalam aksi demo 11 April di fly over Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Sulsel, Senin (11/4). Sebuah tuntutan agar pemerintah segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS).

RUU PKS diketahui belum disahkan DPR RI. Namun informasi yang dihimpun regulasi itu bakal ditetapkan dalam rapat paripuna DPR RI, Selasa (12/4) hari ini.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Penyaluran aspirasi agar pemerintah segera mengesahkan RUU PKS di Makassar lewat medium payung hitam. (Muh Ishak/detikSulsel)

7. Harga Minyak Kayak Harga di Aplikasi Mi-Chat

Coretan lucu ini disampaikan lewat potongan spanduk yang disampaikan dalam aksi demo mahasiswa. Dalam tulisan itu membandingkan harga minyak yang mahal lantas dihubung-hubungkan dengan aplikasi media sosial Mi-Chat.

"Harga Minyak Kayak Harga Mi-Chat," demikian coretan nyeleneh yang dibawa seorang mahasiswa dalam aksi demi di Kota Palopo, Sulsel.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh. (dok. Istimewa)

8. Make Up Boleh Luntur Asal Bukan Keadilan

Sejumlah mahasiswa perempuan tampak berpose memegang lembaran kertas dalam aksi demo 11 April. Di kertas tersebut bertuliskan, "Gapapa Makeup-ku Luntur Asal Bukan Keadilan yang Luntur."

Coretan tersebut lucu dan terkesan nyeleneh namun secara umum jadi bagian aspirasi yang dituntut massa mahasiswa. Mereka ingin keadilan dengan di tengah kebijakan pemerintah.

Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.Foto: Aspirasi dalam demo mahasiswa yang disampaikan secara unik dan nyeleneh.


Simak Video "Viral di Medsos Sederet Spanduk Demo 11 April yang Dinilai Tak Pantas"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)