Kalimantan Timur

Kecuali Isran Noor, Gubernur Se-Kalimantan Batal Kemah Bareng Jokowi di IKN

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Senin, 14 Mar 2022 15:46 WIB
Gubernur se-Kalimantan batal ikut kemah bareng Jokowi di IKN (Dok. Istimewa)
Foto: Gubernur se-Kalimantan batal ikut kemah bareng Jokowi di IKN (Dok. Istimewa)
Penajam Paser Utara -

Rencana gubernur se-Kalimantan ikut kemah bareng presiden Joko Widodo (Jokowi) di ibu kota negara baru (IKN) batal. Hanya Gubernur Kaltim Isran Noor yang menemani Jokowi berkemah di IKN.

"Iya, yang Gubernurnya hanya pak Isran saja, yang lain nggak ikut" ujar Kepala Biro Admistrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim Syafranuddin kepada detikcom, Senin (14/3/2022).

Jokowi sedianya akan berkemah bersama gubernur dari Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Syafranuddin tak menjelaskan lebih lanjut alasan empat gubernur lainnya tak ikut kemah di IKN.


"Alasannya nggak tau kenapa, itu protokol istana saja yang tahu," ujar Syafranuddin.

Menurut Syafranuddin, ada beberapa menteri yang ikut berkemah bersama Presiden Joko Widodo selain Gubernur Isran Noor. Para menteri itu di antaranya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya dan Menteri Bappenas Suharso Monoarfa.

"Selain beberapa menteri ada juga Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan wakilnya," terangnya.

Diketahui Joko Widodo dijadwalkan datang ke Kaltim bersama ibu negara Iriana. Namun belum dipastikan istri Jokowi tersebut ikut berkemah di IKN atau tidak.

"Untuk ibu Iriana belum tahu. Apakah ke Balikpapan atau di IKN," ungkapnya.

Dikabarkan usai ritual pencampuran tanah dan air di titik IKN, Jokowi berserta rombongan akan berkemah. Agenda tersebut memang sudah disampaikan jauh-jauh hari, tapi saat ini belum ditetapkan tanggalnya.

"(Rencananya berkemah) dari tanggal 13 sampai tanggal 15 (Maret)," kata Kepala Dinas Kominfo Penajam Paser Utara, Budi Santoso saat dihubungi terpisah Sabtu, (12/3).

Dia menjelaskan para pihak terkait sudah turun ke lokasi kemah untuk melakukan persiapan menyambut Jokowi.

"Saat ini kita sudah di lapangan karena di-handle (ditangani) oleh beberapa pihak, jadi kita sudah koordinasi di sana, di lokasi itu. Hari ini kita sudah melakukan gelar untuk pengamanan, gelar pasukan untuk pengamanan, termasuk gelar peralatan yang berhubungan dengan keamanan sedang digelar di sana," jelasnya.

Budi menerangkan, akses internet juga sudah disiapkan untuk menunjang kegiatan Jokowi berkemah di IKN Nusantara.

"Yang lain-lain seperti konektivitas internet sudah dilakukan oleh pihak Telkom, sudah digelar sampai ke tempat kegiatan," tambahnya.



Simak Video "KPK Dalami Info Dugaan Bupati Nonaktif PPU Bagi-bagi Kaveling di IKN"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)