Info Pantai Delegan Gresik: Rute, Harga Tiket dan Spot Menarik

Info Pantai Delegan Gresik: Rute, Harga Tiket dan Spot Menarik

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Sabtu, 29 Okt 2022 14:08 WIB
Pantai Dalegan Gresik
Pantai Delegan Gresik (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Gresik tak hanya dikenal sebagai Kota Santri dan Industri. Di sini ada sejumlah wisata yang memikat hati. Salah satu pantai ikonik di Gresik yakni Pantai Delegan.

Pemandangan laut utara Jawa juga bisa dinikmati di sini. Bagi Anda yang berencana akan berlibur, Pantai Delegan bisa menjadi salah satu rekomendasi. Simak ulasannya yuk!

1. Lokasi Pantai

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Pantai ini berada sekitar 40 kilometer dari pusat kota Gresik, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Sebagian orang mengira Pantai Delegan berada di Lamongan karena lokasinya yang berdekatan. Namun, secara administratif, Pantai Delegan masuk dalam Kabupaten Gresik.

Pantai Dalegan GresikPantai Dalegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

2. Fasilitas dan Spot Menarik

Pantai Delegan memiliki ciri khas yang selalu memikat pengunjungnya, yaitu ombak tenang dan pasir putih. Berbeda dengan pantai selatan Jawa yang terkenal dengan ombak besarnya, di sini ombaknya relatif tenang. Pengunjung bisa duduk di tepi pantai pasir putih sambil menikmati ombak.

Namun, jika mengunjungi Pantai Delegan, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Di sini, Anda bisa menjajal ikan bakar asap dan es kelapa muda atau degan ijo yang menyegarkan.

Pantai Dalegan GresikPantai Dalegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Sejumlah gazebo juga disediakan untuk bersantai. Bagi anak-anak, bisa bermain air di bibir pantai, tentu dengan pengawasan orang tua. Ada pula penyewaan pelampung di sekitar pantai.

Daya tarik lain yang bisa Anda coba adalah bermain banana boat hingga perahu bebek. Penyewaan perahu juga tersedia apabila Anda ingin menikmati perjalanan singkat ke tengah laut. Aktivitas menarik lainnya yaitu bermain sepak bola pantai hingga layang-layang.

Yang tak boleh ketinggalan adalah spot foto di sekitar pantai. Anda bisa berfoto di ayunan dengan latar pasir putih. Lalu, ada juga dermaga yang berbentuk jalan kecil dengan latar perahu nelayan yang bersandar.

Saat matahari akan tenggelam, pemandangan tampak sangat cantik. Waktu malam hari juga tak kalah indah, karena di sekitar dermaga juga dihiasi lampu-lampu.

Fasilitas Pantai Delegan sudah cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, kamar bilas, musala, parkiran luas hingga persewaan alat berenang. Sejumlah rumah makan sederhana juga tersedia di sini, jadi Anda tak perlu takut kelaparan.

Pantai Dalegan GresikPantai Delegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

3. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Delegan cukup ramah di kantong. Tiket reguler dipatok Rp 10.000, belum termasuk parkir dan sewa perlengkapan berenang.

4. Akses dan Rute

Pantai Dalegan GresikPantai Delegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Akses menuju Pantai Delegan sudah cukup baik. Anda yang datang dari Lamongan pun tak butuh waktu lama untuk ke sini. detikers tinggal mengarah ke timur dari Wisata Bahari Lamongan (WBL).

Jika berangkat dari pusat kota Gresik, Anda bisa mengambil jalan ke arah Sidayu. Lalu, ikuti petunjuk hingga melewati hutan jati Panceng. Tak jauh dari situ atau sekitar satu kilometer, Anda bisa mengambil jalur utara dari arteri.

Demikian sederet informasi soal Pantai Delegan Gresik, ditunggu kehadiranmu ya rek!



Simak Video "Pesona Bukit Jamur, Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)