Asyiknya Nikmati Akhir Pekan di Pantai Dalegan Gresik

Jemmi Purwodianto - detikJatim
Sabtu, 28 Mei 2022 16:35 WIB
Pantai Dalegan Gresik
Pantai Dalegan Gresik (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Gresik -

Pantai Dalegan menjadi salah satu obyek pariwisata andalan di Kabupaten Gresik. Pemandangannya yang elok, menjadikan pantai ini ramai menjadi jujugan pengunjung lokal hingga wisatawan dari berbagai kota di Jawa Timur.

Pantai ini terletak di utara Pulau Jawa. Pantai Dalegan menawarkan hamparan pasir putih yang membentang luas. Selain itu, ombaknya yang tenang, menjadikan pantai ini sangat cocok untuk berenang, bermain pasir, dan melakukan kegiatan seru bersama keluarga.

Namun, pengunjung sebaiknya berhati-hati jika ingin berenang di dekat bibir pantai, karena bagian dasarnya banyak ditumbuhi karang-karang tajam. Lebih baik, sedikit menjauhi pantai agar tidak tertusuk karang saat berenang.

Pengelola Pantai Dalegan juga menyediakan penyewaan ban, speed boat dan donat boat. Jika ingin bermain di laut menggunakan donat boat, pengunjung bisa menyewanya mulai Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.

Terdapat fasilitas kamar mandi berbayar bagi pengunjung yang ingin membilas tubuh dengan air tawar setelah bermain di laut.

Bagi yang tak ingin bermain di laut, tenang saja, Pantai Dalegan memiliki banyak spot foto yang menarik. Ada pula gazebo, perahu wisata, hingga ayunan yang berada di tengah laut.

Pantai Dalegan GresikMasyarakat tengah berenang di Pantai Dalegan Gresik Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim

Selain itu, Pantai Dalegan termasuk tempat yang cocok untuk piknik bersama keluarga. Jika lupa membawa tikar saat berlibur di sana, pengunjung dapat menyewa dengan mengeluarkan uang Rp 10 ribu.

Di sana, pengunjung juga bisa menikmati ikan asap, ikan bakar dan merasakan segarnya kelapa muda. Untuk anak-anak yang takut bermain di laut, banyak penjual layang-layang yang cocok dimainkan di bibir pantai.

Bhirawa, salah satu wisatawan dari Lamongan mengaku sudah dua kali datang ke Pantai Dalegan Gresik. Selain lebih bersih, jarak yang tak terlalu jauh dari Lamongan membuat Pantai Dalegan menjadi wisata favoritnya bersama teman maupun keluarga.

"Selain jarak yang nggak jauh dari Lamongan, pantainya sekarang lebih bersih. Dua kali saya ke sini, dulu waktu ke sini sama teman komunitas nggak sebagus ini, sekarang lebih bersih dan menyenangkan. Apalagi bersama keluarga," kata Bhirawa, Sabtu (28/5/2022).

Untuk harga tiketnya, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 10 ribu per orang. Pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir Rp 2.500 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan harga tiket yang relatif murah, detikers bisa menjadikan Pantai Dalegan sebagai referensi tempat berlibur bersama keluarga.



Simak Video "H+4 Lebaran, Pantai Pasir Putih Trenggalek Diserbu Wisatawan"
[Gambas:Video 20detik]
(hil/sun)