7 Wisata Bondowoso, Ada yang Mirip Pulau Jeju

7 Wisata Bondowoso, Ada yang Mirip Pulau Jeju

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Rabu, 19 Okt 2022 13:46 WIB
Wisata Bondowoso
Kebun Sawi, salah satu wisata di Bondowoso/Foto: (Chuk Shatu W/detikJatim/file)
Bondowoso -

Jawa Timur dikenal memiliki sederet destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Spot wisata ini tersebar di seluruh penjuru kabupaten dan kota di Jawa Timur. Salah satunya Bondowoso.

Bondowoso berbatasan dengan Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Jember, dan Banyuwangi. Kabupaten Bondowoso menjadi satu-satunya daerah di Jatim yang tidak memiliki wilayah perairan atau laut. Karenanya, Anda tidak akan menemukan wisata pantai di Bondowoso.

Namun, jangan khawatir. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata pegunungan dan suka dengan cuaca sejuk, Bondowoso jadi pilihan yang tepat. Sebab, Bondowoso berlokasi di kawasan Pegunungan Kendeng, Pegunungan Hyang, dan Gunung Raung.

Selain itu, Bondowoso dikenal sebagai kota tape. Karenanya, jangan lewatkan untuk membeli olahan tape di Bondowoso saat berwisata. Berikut daftar 7 wisata Bondowoso yang bisa dinikmati:

Daftar 7 Wisata Bondowoso

1. Kawah Ijen Bondowoso

Kawah Ijen terletak di antara Bondowoso dan Banyuwangi. Destinasi satu ini sudah tak diragukan lagi keindahannya karena ada atraksi alam yang langka di dunia, yakni blue fire atau api biru.

Untuk melihat blue fire, Anda harus mendaki gunung Ijen hingga sampai puncak. Jika tak ingin mendaki, Anda juga bisa berkemah dan pastinya bisa jadi spot foto instagramable.

2. Kawah Wurung

Kawah wurung terletak di Margahayu, Kalianyar, Ijen, Bondowoso. Destinasi ini memiliki ketinggian 1500 mdpl dengan pemandangan hIjau di sepanjang kawah dan savana.

Kawah Wurung menyajikan pesona alam yang indah dan menyegarkan. Anda juga bisa berkemah di sana.

3. Kebun Sawi Bondowoso

Tempat satu ini digadang-gadang mirip Pulau Jeju di Korea. Lokasinya di Desa Jampit, Ijen, Bondowoso dan tak jauh dari Kawah Wurung.

Di Kebun Sawi Bondowoso, Anda bisa berfoto dengan latar Kawah wurung dan tumbuhan sawi yang subur. Namun, Anda perlu mengetahui musim panen sawi agar bisa mengambil foto dengan apik.

4. Bukit Apetlepet Savana Ijen

Bukit Apetlepet menawarkan panorama bukit yang indah, terlebih saat musim hujan. Apetleppet juga menyajikan pemandangan rerumputan serta padang ilalang di tiap sudut.

Spot ini kerap menjadi incaran fotografer untuk hunting foto. Pesona bukit ini dinilai mirip seperti bukit Teletubbies.

5. Air Terjun Tancak Kembar

Seperti namanya, ada dua air terjun berjejer layaknya anak kembar. Lokasinya di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem atau sekitar 25 km dari tengah kota Bondowoso.

Salah satu air terjun Tancak kembar memiliki aliran yang deras dan disebut sebagai "laki-laki". Sedangkan air terjun yang tidak terlalu deras disebut "perempuan". Air terjun ini memiliki ketinggian 77 meter dan juga dimanfaatkan untuk sarana irigasi.

6. Bukit Jabal Kirmit

Masih seputar perbukitan, Bukit Jabal Kirmit berlokasi di Jampit, Ijen, Bondowoso. Lokasinya tak jauh dari Kawah Ijen dan masih berada di kawasan Kawah Wurung.

Bukit Jabal Kirmit kerap disebut sebagai Selandia Baru van Java. Kawasan bukit ini dipenuhi rerumputan hijau yang asri dan segar.

7. Situs Goa Bhuto

Situs Goa Bhuto atau Gua Butah (Butah dalam bahasa Madura: raksasa). Sepintas, situs itu hanya berupa cerukan tebing batu. Ternyata dindingnya terdapat relief berbentuk raksasa.

Situs Goa Bhuto terdiri dari empat relief. Yakni, relief kala (butho), relief kuncup bunga teratai, relief Buddha bermeditasi, kepala manusia bertanduk dikelilingi api, serta relief orang sedang meditasi. Lokasinya di Desa Jirek Mas, Cerme atau sekitar 3 jam dari kota Bondowoso.

Demikian 7 wisata Kabupaten Bondowoso. Ayok liburan, rek!



Simak Video "Menikmati Segelas Kopi Hangat Dengan Pemandangan Indah Gunung Raung, Bondowoso"
[Gambas:Video 20detik]
(hse/sun)