Tempat Uji Nyali di Jatim, Mulai Alas Lali Jiwo hingga Pasar Setan

Tempat Uji Nyali di Jatim, Mulai Alas Lali Jiwo hingga Pasar Setan

Rina Fuji Astuti - detikJatim
Rabu, 28 Sep 2022 01:09 WIB
Alas Purwo Banyuwangi
Alas Purwo Banyuwangi/(Foto: Ardian Fanani/detikcom)
Surabaya -

Sejumlah tempat di Jawa Timur dikenal menyimpan kisah mistis. Tempat-tempat ini banyak dikunjungi masyarakat untuk sekadar 'uji nyali'. Terlebih, bagi si pemburu hantu yang sengaja melakoni hobinya untuk menuntaskan rasa penasaran. Beberapa orang sengaja menguji keberanian menghadapi makhluk tak kasat mata.

Di Jatim, ada sejumlah tempat yang memiliki kisah mistis. Tempat-tempat ini cocok dijadikan tempat uji nyali. Mana saja?

1. Alas Lali Jiwo

Alas atau hutan Lali Jiwo berada di Gunung Arjuno. Kenapa dinamakan Alas Lali Jiwo? Dalam bahasa Jawa, lali jiwo berarti lupa diri. Hutan pinus ini menyimpan kisah mistis, terlebih di kalangan pendaki.

Beberapa pendaki dilaporkan sempat hilang di Alas Lali Jiwo. Ada juga yang ditemukan dalam keadaan linglung. Mereka yang hilang atau tersesat di jalur ini diduga telah melanggar pantangan-pantangan yang ada di Gunung Arjuno.

2. Pasar Setan

Gunung Lawu identik dengan Pasar Setan. Pasar ini bukan pasar tempat orang berjualan, namun pasar gaib yang dihuni para makhluk halus. Di Pasar Setan ini, para pendaki kerap mendengar bunyi gamelan yang tentu membuat siapa pun merinding.

Padahal, cerita mistis itu tertuju pada sabana yang luas. Disebut pasar setan karena dipercaya banyak jin yang menghuni wilayah itu. Selain itu, Gunung Lawu juga dikenal sebagai gunung yang sakral. Di malam satu Suro, banyak orang berziarah dengan mendaki ke puncak Gunung Lawu.

3. Alas Purwo

Alas Purwo merupakan daerah yang berisi hutan nan lebat. Alas Purwo termasuk dalam ekosistem hutan hujan dataran rendah yang tergabung dalam lingkup Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.

Keberadaan Alas Purwo diyakini sebagai hutan tertua di Pulau Jawa. Sesuai dengan namanya 'Purwo' yang bermakna permulaan. Banyak orang yang menyebut Alas Purwo dihuni sejumlah makhluk tak kasat mata.

Ada tempat uji nyali lain yang tak kalah horor. Baca di halaman selanjutnya!