Kabar Wisata

Turis Asing yang Kencingi Kawah Bromo Minta Maaf

Tim detikTravel - detikJatim
Rabu, 14 Sep 2022 20:04 WIB
Wisatawan asing kencing di kawah Bromo
Turis asing kencing di kawah Bromo (Foto: Tangkapan layar)
Probolinggo -

Seorang turis asing mengencingi kawah Bromo. Turis asing itu meminta maaf setelah mendapat banyak kecaman.

"Apa yang terjadi adalah tindakan bodoh dan kami jelas tidak memikirkan latar belakang budaya, sejarah, dan spiritual yang dimiliki Gunung Bromo bagi masyarakat lokal di sana," tulisnya di akun Instagram @hometown.earth seperti yang dilansir detikTravel, Rabu (14/9/2022).

"Kami benar-benar merasa sangat malu dan menyesal telah menghina kepercayaan, budaya, dan tempat suci Anda dengan cara yang menjijikkan. Tolong maafkan kami," tambahnya.

Sebelumnya, seorang turis berbahasa Jerman terang-terangan mengencingi Gunung Bromo. Aksinya itu diunggah dalam Instagramnya, @hometown.earth.

Karena perilakunya itu, ia mendapat murka dari warganet. Dalam bio di akunnya itu, ia akan kembali ke Wina, Austria dalam waktu dekat.

Belum diketahui nama asli dari turis-turis yang mencederai destinasi unggulan Indonesia itu. Dalam video yang diunggah, hanya memberi penjelasan bahwa Gunung Bromo adalah destinasi terkenal dan sangat asyik dijelajahi menggunakan motor trail.

Terkait hal itu, warganet murka atas kelakuan tak terpuji dari turis berbahasa Jerman itu. Mereka kompak bilang bahwa apa yang dilakukan bule sangat bertentangan dengan norma yang ada.

Tak hanya menyampaikan kekesalan, bahkan di antaranya ada pula yang memakinya. Tak hanya satu dua, tapi kebanyakan komen itu datang dari orang Indonesia yang menyampaikan salam.

"YOU ARE A DISGRACE TO OUR COUNTRY," kata niluhdjelantik.

"Nanti masuk jurang katanya sulap🤣🤣🤣🤣," sahut ev_chrizt_william.

"yuk bisa yuk dideportasi 🔥🔥🔥," celetuk ddsirait.



Simak Video "Buntut Turis Kencingi Kawah Bromo, TNBTS Akan Edukasi Pengunjung"
[Gambas:Video 20detik]
(iwd/iwd)